Legislator

Dukung Pantarlih, Pastikan Hak Pilih Anda Tersalurkan di Pilkada Pekanbaru!

PEKANBARU - Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada 27 November mendatang, masyarakat diimbau untuk mendukung tugas para petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Dukungan ini penting agar data yang diberikan akurat dan setiap warga negara bisa menyalurkan hak pilihnya dengan baik.

Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Firmansyah LC, menyampaikan himbauan ini pada Rabu (26/6/2024). "Khususnya, bagi masyarakat Kota Pekanbaru, dukunglah tugas Pantarlih dengan memberikan data yang akurat. Ini penting agar setiap warga negara yang sudah berhak memilih bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada nanti," ujar politisi PKS tersebut.

Firmansyah juga mengungkapkan bahwa dirinya telah menerima kunjungan dari rombongan PPK dan Panwascam Kecamatan Rumbai, PPS, PKD Kelurahan Limbungan Baru, dan Pantarlih yang lengkap dengan identitasnya pada Senin (24/6) malam lalu. Kedatangan mereka adalah untuk melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih, atau yang dikenal dengan istilah coklit.

"Jadi, saya sudah di coklit oleh petugas Pantarlih, dan saya mendukung tugas Pantarlih ini agar dapat bekerja maksimal dalam upaya mendata pemilih secara berkelanjutan. Ini penting," tambah Firmansyah yang merupakan warga Rumbai.

Menurut data yang ada, jumlah TPS di Kecamatan Rumbai akan berkurang signifikan pada Pilkada nanti. Dari semula 257 TPS, kini menjadi 143 TPS. "Ini disebabkan karena jumlah pemilih per TPS pada Pilkada ini bisa maksimal 600 orang, sedangkan pada Pileg kemarin maksimal per TPS hanya 300 orang," jelas Firmansyah.

Ia juga menguraikan bahwa di Kecamatan Rumbai terdapat lima kelurahan dengan jumlah TPS yang bervariasi. Misalnya, Kelurahan Lembah Damai memiliki 11 TPS, Meranti Pandak 16 TPS, Palas 15 TPS, Sri Meranti 32 TPS, Limbungan Baru 26 TPS, dan Umban Sari 26 TPS. Totalnya ada 126 TPS di Kecamatan Rumbai.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pekanbaru Raga Perwira menyatakan bahwa proses pantarlih sedang berlangsung. "Pasca dilantik pada Senin (24/6/2024), KPU Pekanbaru memberikan bimbingan teknis kepada 2718 orang Pantarlih melalui PPS," jelas Raga.

Pantarlih akan bekerja melakukan coklit hingga 24 Juli 2024. "Tugas Pantarlih adalah membantu KPU Kota Pekanbaru, PPK, dan PPS dalam penyusunan dan pemutakhiran daftar pemilih," tambahnya.

Raga juga menyebut bahwa petugas Pantarlih akan melakukan coklit daftar pemilih dengan mendatangi rumah ke rumah. Mengenai kemungkinan perubahan jumlah pemilih, ia mengatakan, "Kemungkinan perubahan atau pergeseran masih ada sampai dengan penetapan DPT."

Dengan dukungan masyarakat, diharapkan proses pemutakhiran data pemilih dapat berjalan lancar dan setiap warga negara dapat menyalurkan hak pilihnya dengan baik pada Pilkada mendatang.


Tulis Komentar