Nasional

Pemindahan IKN Butuh Kesiapan Menyeluruh, Jokowi: ''Ini Bukan Pindahan Biasa!''

GILANGNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai belum terbitnya keputusan presiden (keppres) tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurutnya, pemindahan IKN membutuhkan kesiapan menyeluruh, tidak hanya terkait infrastruktur, tetapi juga sumber daya manusia (SDM) dan sistem pendukung lainnya.

Jokowi membandingkan kompleksitas pemindahan IKN dengan pindah rumah, yang menurutnya saja sudah cukup rumit, apalagi memindahkan pusat pemerintahan yang memerlukan perhitungan matang di berbagai sektor.

"Kita harus memastikan kesiapan yang matang. Di IKN, semuanya harus benar-benar siap. Kalau hanya soal tanda tangan, itu mudah, bisa dilakukan dalam satu detik. Tapi kesiapan IKN itu yang paling penting, karena begitu ditandatangani, ibu kota harus benar-benar pindah," ungkap Jokowi seusai membuka Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition (IIGCE) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (18/9/2024).

Lebih lanjut, Jokowi menyebutkan keppres pemindahan ibu kota bisa saja ditandatangani oleh presiden terpilih, Prabowo Subianto, jika persiapan belum rampung selama masa jabatannya.

"Semua harus siap, bukan hanya gedung. Furnitur, listrik, SDM, sistem pendukung—semuanya harus diperhitungkan. Ini bukan sekadar pindah rumah yang sudah cukup ruwet, ini adalah pindahan ibu kota. Jadi semuanya harus diperhitungkan dengan cermat. Keppres bisa saya tanda tangani, atau bisa juga oleh Pak Prabowo," jelas Jokowi.

Jokowi menegaskan pentingnya membangun ekosistem IKN secara menyeluruh. Ia juga menyoroti kesiapan infrastruktur pendukung seperti logistik, sekolah, dan rumah sakit yang harus diperhatikan sebelum pemindahan ibu kota dilakukan.

"Kesiapan kota itu sendiri adalah hal yang paling penting. Ekosistemnya harus sudah terbentuk. Tidak hanya soal memindahkan orang atau membawa barang, tetapi bagaimana logistik, pendidikan untuk anak-anak, dan fasilitas kesehatan juga harus siap. Ini adalah pemindahan besar yang membutuhkan perencanaan matang," pungkas Jokowi.
 


Tulis Komentar