Riau

Pemerintah Mulai Bangun Jembatan, Mirip Jembatan Siak II

Ilustrasi

GILANGNEWS.COM - Masyarakat Riau khususnya Pekanbaru yang akan melintas di Jalan Arengka II melewati Jembatan Siak II nantinya akan melalui satu jalur saja. Sebab, pemerintah tengah menyiapkan duplikasi Jembatan Siak II tersebut sepanjang 200 meter dengan estimasi pekerjaan hingga tuntas pada 2018 mendatang.

Proyek yang menyedot dana mencapai Rp86 miliar tersebut dikerjakan satuan kerja (Satker) APBN Wilayah Riau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Pekerjaan untuk membuat duplikasi jembatan Siak II tersebut sudah mulai dilaksanakan.

"Hingga tutup 2016 ini Insya Allah sudah mencapai 15 persen pekerjaan. Sudah dimulai dan dikerjakan,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 03 Duri-Pekanbaru Satker Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah 1 Provinsi Riau Aldino Herupriawan ST MT dilansir riaupos.co.

Dijelaskan, bahwa pihaknya sudah melaksanakan tahap pemandangan di lapangan.

Mulai tiang pancang untuk fondasi, penimbunan di oprit jembatan, kemudian juga sudah dilakukan pemindahan utilitas listrik dan kabel fiber optik, berikut galian saluran.

Masa kerja proyek duplikasi Jembatan Siak II tersebut diestimasikan tuntas sampai 2018. ‘’Konstruksi menggunakan Box Girder Cantilever,” sambungnya. Kemudian mengenai bentuk jembatan, dijelaskan Dino sapaan akrabnya akan dibangun sepanjang 200 Meter, dengan lebar bahu 1 Meter dan 1,5 Meter. Sementara lebar jembatan secara keseluruhan 7,6 Meter.

Duplikasi Jembatan Siak II yang dibangun tepat disisi jembatan yang sudah ada nantinya disiapkan dengan umur rencana jembatan mencapai 100 tahun.***

Editor: Rio
 


Tulis Komentar