Nasional

Aceh Kembali Diguncang Gempa

Ilustrasi

GILANGNEWS.COM - Aceh kembali diguncang gempa tektonik berkekuatan 4,9 Skala Richter(SR), Selasa (27/12/2016) pagi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, gempa 4,9 SR pukul 01:24:33 WIB tersebut episenternya terletak pada koordinat 4.08 lintang utara (LU)-95.581 barat timur (BT).

Gempa pada kedalaman 19 Km di 38 km sebelah Barat Daya Meulaboh, Aceh Barat itu terasa getarannya sampai ke ibu kota Provinsi Aceh dan sekitarnya dipastikan tidak berpotensi terjadinya tsunami.

"Kita mengimbau kepada masyarakat tidak resah terhadap gempa tadi dan selalu dalam keadaan waspada terhadap potensi gempa susulan," kata Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang Siswanto dilansir kompas.com.

Lebih lanjut Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah termakan isu hoax dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Jika terjadinya gempa dan isu yang tidak jelas sumbernya bisa menghubungi kantor BMKG terdekat," ujarnya.

Siswanto juga menjelaskan, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas tektonik dari subduksi lempeng Indonesia-Australia ke bawah lempeng Eurasia.

Lempeng Indonesia-Australia bergerak menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan hasil monitoring BMKG hingga pukul 02.00 WIB belum terjadi aktivitas gempa susulan.

Untuk itu pihaknya juga kembali mengimbau kepada masyarakat pesisir pantai barat Kota Banda Aceh dan Meulaboh agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG serta tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Editor: Yusuf Mario


Tulis Komentar