Nasional

BPBD dan Sejumlah Perusahaan, Dapat Penghargaan dari Pemprov Riau

BPBD Riau dan sejumlah perusahaan mendapat apresiasi dari Pemprov

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Riau berikan penghargaan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau dan sejumlah kabupaten kota atas dedikasinya mengatasi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) yang terjadi disepanjang tahun ini.

Tidak hanya itu, sejumlah instansi vertikal termasuk perusahaan salah satunya PT. RAPP juga mendapatkan penghargaan karena dinilai telah berkontribusi memadamkan titik api yang tersebar disejumlah daerah dan memberikan edukasi kepada masyarakat seperti membentuk desa peduli api.

"Kita banyak kemajuan dari di 2016, ini bisa disebut kita telah mengukit sejarah karena bisa menekan titik api. Untuk itu kita berikan penghargaan kepada mereka yang terlibat dalam pencegahan dan penanggulangan Karlahut. Ini tentu kita juga dihadapkan 2017 nanti yang tentunya kita harapkan upaya yang kita lakukan jauh lebih baik," papar Andi Rachman (sapaan akrab Gubri) sebagaimana dilansir riauterkini.com, Selasa (27/12/16).

Penghargaan ini juga disaksikan sekaligus oleh perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yakni Direktur Pengendalian Karlahut, Raffles Brotetes Panjaitan.

BPBD yang menerima penghargaan karena dinilai kinerjanya dalam menanggulangi dan mencegah bencana sepanjang 2016. Mereka yang menerima penghargaan sesuai prestasi dan kategori yang berbeda. Berikut daftar BPBD penerima penghargaan dalam acara refleksi pelaksanaan Pusdalkarlahut tahun 2016.

Yakni, BPBD Pelalawan menerima penghargaan aktivasi posko banjir dan longsor, BPBD Indragiri Hulu penerima penghargaan respon cepat penanganan bencana banjir, BPBD Rokan Hilir penerima penghargaan aktivasi posko Karlahut sementara BPBD Kampar penerima penghargaan dapur umum.

Rokan Hulu pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi bencana, Indragiri Hilir penerima penghargaan Pembentukan desa tangguh bencana, Siak penerima penghargaan pembentukan relawan, Pekanbaru penerima penghargaan penanganan kebakaran pemukiman. Kemudian, BPBD Bengkalis penerima penghargaan perencanaan penanggulangan bencana, BPBD Kepulauan Meranti penerima penghargaan Pusat data dan informasi serta BPBD Dumai penerima penghargaan Pemberdayaan masyarakat penanggulangan bencana.

Ada pun untuk kategori perusahaan, PT. RAPP diterima Deputy Director PT. RAPP Rudy Tianda. Pada kesempatan ini, Rudy, menyatakan apresiasi dan komitmennya dalam penanggulangan Karlahut. Selain itu berkontribusi dalam pemadaman dengan mengerahkan helikopter dan pemadaman melalui jalur darat, RAPP juga telah membentuk desa siaga api dengan memberikan pemahaman dan keahlian kepada masyarakat desa terkait Karlahut.***

Editor: Rio


Tulis Komentar