Nasional

Unik, Satu Kadis Dilantik di TPA, Satu Lagi di Tempat Pendaratan Ikan

Pelantikan salah seorang kepala dinas di Kabupaten Donggala Sulawesi Utara yang digelar di atas perahu nelayan

GILANGNEWS.COM- Bupati Donggala Sulawesi Utara Kasman Lassa memilih dua tempat unik dan berbeda saat melantik dua kepala dinas yang baru ditunjuknya, Rabu petang, 28 Desember 2016.

Untuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah dilantik di kawasan pembuangan akhir sampah (TPA) Kabonga Besar dan untuk Kepala Dinas Perikanan Kelautan dilantik di atas kapal nelayan di Tempat Pendaratan Ikan (TPI).

Menurut Kasman, ia sengaja melakukan itu dengan tujuan agar pejabat yang ditunjuk lebih fokus untuk membuat kota Donggala senantiasa menjadi bersih.

"Ada 400 tenaga kebersihan yang dikerahkan untuk membersihkan kota Donggala. Pengelolaan sampah juga diharapkan bisa memberi nilai tambah dalam bentuk usaha produktif dari sampah seperti pembuatan souvenir," kata Kasman.

Lanjut Kasman, sulit untuk mencanangkan Kota Donggala sebagai daerah tujuan wisata bilamana kebersihan belum bisa dijaga.

Sementara itu di pelantikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kasman juga menyerahkan 2.700 kartu nelayan dan asuransi bagi nelayan.

"Selama ini mereka melaut untuk menghidupi keluarga dengan penuh risiko. Bahkan ada nelayan yang tidak pernah kembali karena tenggelam bersama kapal. Melalui asuransi, para nelayan bisa mendapatkan jaminan,” kata Kasman Lassa sebagaimana dilansir viva.co.

Pemerintah Kabupaten Donggala bekerjasama dengan Asuransi Jasindo memberikan jaminan dan santunan berupa Rp200 juta bagi nelayan yang meninggal dunia, Rp100 juta cacat permanen dan Rp20 juta bagi nelayan yang mengalami kecelakaan ringan.

Target pendapatan asli daerah dari sektor perikanan juga diharapkan meningkat dari Rp200 juta di tahun 2016 menjadi Rp300 juta di tahun 2017. Seluruh pejabat Dinas Perikanan dan Kelautan yang dilantik mengenakan baju pelampung dan disaksikan ratusan nelayan dan warga sekitar.***


Tulis Komentar