Nasional

Kadishun DKI: Tak Akan Ada Toleransi Jika Kapal Tak Memenuhi Aturan

Kapal Wisata Terbakar

GILANGNEWS.COM - Kadishub DKI Andri Yansyah berkata semua kapal harus mengikuti aturan saat akan beroperasi. Andri berkata tak akan ada toleransi jika kapal tersebut tak memenuhi aturan.

"Jangan pake toleransi, ada aturan. Kalau tak memenuhi jangan diberangkatkan. Yang marah bukan kita, masyarakat marah, ada kontrol sosial," ujar Andri di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (4/1/2017).

Andri lantas memberi contoh aturan yang harus dipenuhi sebuah kapal saat hendak berlayar. Seperti misalnya jumlah jaket keselamatan.

"(Seperti) Kurang jaket, semua harus sesuai dengan ijin yang diberikan. (Jumlah jaket) KSOP + 10 persen, kalau 100 jadinya 110," paparnya sebagaimana dilansir detik.com

Untuk masalah pembenahan pelabuhan, Andri sepenuhnya menyerahkan hal tersebut kepada Kemenhub seperti masalah keselamatan, pengawasan dan pengelolaan. Meski demikian, Andri meminta ada kewenangan yang dibagi merata.

"Pokoknya saya serahkan ke Kemenhub terkait masalah pengelolaan, keselamatan, pengawasan, ada di Kemenhub. Kita ingin ada kewenangan yang dibagi. Yang pasti yang saya minta sama Dirjen Hubla, dia berkantor bareng sama kita di sini, jangan jauh-jauh," paparnya.

Sekali lagi Andri menekankan jika ada kapal yang tak memenuhi regulasi, jangan sampai diberangkatkan. Dia berkata, dirinya dan Menhub (Budi Karya Sumadi) akan benar-benar mengawasi masalah tersebut.

"Kalau ada regulasi tak dipenuhi, jangan diberangkatkan. Saya dan Menhub sama-sama awasi," ujarnya.*** 


Tulis Komentar