Nasional

Jalan Kaki Selama 20 Menit Tiap Hari Bisa Menangkal Kanker

Loading...

GILANGNEWS.COM - Olahraga secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko inflamasi kronis, yang merupakan salah satu pemicu masalah kesehatan termasuk kanker. Namun seberapa banyak harus berolahraga, ada banyak pendapat yang berbeda.

Sebuah penelitian terbaru menyebut bahwa jalan kaki dengan irama cepat alias brisk walking selama 20 menit setiap hari sudah bisa memberikan manfaat tersebut. Aktivitas fisik sesederhana itu sudah cukup untuk memicu respons anti inflamasi di dalam tubuh.

Dalam penelitian tersebut, Suzi Hong dari University of California San Diego melibatkan 47 relawan dewasa. Para relawan diminta berjalan di atas treadmill dengan pace atau irama agak cepat. Sampel darah para partisipan diperiksa sebelum dan setelah olahraga.

Hasil pengamatan menunjukkan terjadinya penurunan kadar sejenis protein yang dinamakan TNF (tumor necrosis factor) sebesar 5 persen. Menurut Hong, ini merupakan petunjuk yang signifikan bahwa sel-sel imun menekan penanda inflamasi.

"Pesan yang ingin disampaikan di sini adalah bahwa olahraga tidak haris benar-benar intens untuk memberikan efek anti inflamasi," kata Hong, sebagaimana dilansir dari Health, Senin (16/1/2017).

Durasi olahraga selama 20 menit tiap hari seperti dalam penelitian ini sebenarnya lebih rendah dibandingkan rekomendasi WHO (World Health Organization). Organisasi tersebut menganjurkan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit tiap pekan, atau kurang lebih 30 menit tiap hari.***


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar