Nasional

Menag Minta Warga Indonesia Hanya Berhaji Satu Kali

Ibadah haji

GILANGNEWS.COM - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kembali mengingatkan publik agar melakukan ibadah haji satu kali saja dalam seumur hidup. Hal itu menyusul terus meningkatnya antrean jemaah haji dari tahun ke tahun.

Walau Pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan kuota haji beberapa waktu lalu, namun jumlah tersebut masih belum bisa mencukupi permintaan masyarakat Indonesia.

"Bagi mereka yang sudah berhaji, mohon untuk berjiwa besar dalam waktu sementara tidak lagi mendaftarkan diri dan kita berikan kesempatan bagi saudara muslim kita yang belum berhaji," ujar Lukman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

Terkait hal tersebut, bahkan muncul wacana untuk membuat regulasi agar orang yang sudah berhaji dilarang sama sekali untuk kembali berhaji dengan alasan panjangnya antrean haji.

Namun, hal itu masih dibahas apakah memang perlu ada sebuah regulasi. Sebab, ada pandangan bahwa regulasi semacam itu akan membatasi kebebasan beribadah umat yang telah diatur dalam konstitusi.

Lukman juga menyampaikan kesulitan dalam penyelenggaraan ibadah haji. Indonesia tahun ini mendapatkan kuota haji sebesar 221.000. Mengelola jumlah jemaah haji sebesar itu bukanlah perkara mudah.

Kesulitan pertama adalah dari sisi karakteristik mayoritas jemaah haji Indonesia. Lukman mengatakan, sebagian besar jemaah haji belum pernah ke Tanah Suci, belum pernah ke luar negeri, bahkan belum pernah keluar dari kabupaten/kota tempatnya tinggal.

Namun, sebagian lainnya berbanding terbalik, yaitu kelompok yang setiap minggunya bisa saja mengunjungi negara lain.

"Saya ingin menggambarkan disparitas, kesenjangan itu. Dari yang menguasai puluhan bahasa sampai yang Bahasa Indonesia saja tidak bisa," tuturnya.

Selain itu, Lukman menyampaikan, pada 2016 lalu tidak kurang dari 61,3 persen jemaah haji Indonesia berusia di atas 51 tahun. Sedangkan dari sisi kesehatan, tak kurang dari 66,97 persen berisiko tinggi.

"Jadi sudah mengidap penyakit-penyakit tertentu yang masuk kategori risiko tinggi oleh Kementerian Kesehatan," kata politisi PPP itu.

Kendala lain, berdasarkan penelitian, jemaah haji Indonesia memiliki tingkat kelelahan tinggi. Salah satu alasannya adalah mereka kerap menyelenggarakan selametan sebelum keberangkatan haji. Padahal, aktivitas di tanah suci juga cukup berat.

"Langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada kondisi kesehatan di Tanah Suci," tutur Lukman.

Ibadah haji yang dilakukan di negeri orang, yaitu Arab Saudi juga membuat pengaturan ibadah haji menjadi rumit. Tak hanya mengenai adanya perbedaan situasi dan kondisi namun juga dari segi regulasi.

"Kadang saking banyaknya kita (jemaah haji Indonesia) seakan di kampung sendiri. Tapi tentu kita tidak bisa leluasa mengatur segala sesuatunya. Ini menyebabkan tidak leluasanya kita untuk mengelola lebih dari 200 ribu jemaah kita," kata Lukman.***


Sumber: Kompas


Tulis Komentar