Pekanbaru

20 Polisi Bintara di Riau Lulus Tes, Berikut Nama-namanya

20 orang Polisi Bintara dinyatakan lulus, nilai teratas disabet oleh Anra Nosa

GILANGNEWS.COM - Ratusan polisi se-Riau ambil bagian mengikuti tes Sekolah Inspektur Polisi (SIP) yang digelar Polda Riau. Setelah mengikuti serangkaian pengujian yang cukup panjang dan melelahkan, 20 orang polisi Bintara terbaik pun dinyatakan lulus.

Pengumuman kelulusan tersebut dilangsungkan Jumat (17/2/2017) petang kemarin, di Aula Bengkalis, Sekolah Polisi Negara (SPN) Kota Pekanbaru, Riau, yang dihadiri Kapolda Irjen Zulkarnain dan pejabat utama Polda Riau serta ratusan polisi yang ikut seleksi SIP.

20 orang Bintara terbaik pun dinyatakan lulus. Mereka ada yang berasal dari kabupaten lain dan dari berbagai kesatuan di kepolisian Riau. 15 diantaranya adalah Polki (Polisi Laki-laki), tiga orang Polwan (Polisi wanita) serta dua nama lagi jebolan dari talent scoting.

"Ini proses seleksi yang ketat, mereka ikut pendidikan dengan baik, kita harapkan jadi Perwira polisi yang baik sebagai agen of change, memberikan perubahan di organisasi dan semakin dipercaya serta dekat dengan masyarakat," ungkap Kapolda Riau, Irjen Zulkarnain dilansir goriau.com.

Tak mudah untuk lulus SIP bahkan jika diupayakan dengan sogokan sekalipun. Hal tersebut juga ditegaskan Jenderal bintang dua ini. "Selama ini ada isu, untuk masuk polisi dan kembangkan karir (di kepolisian) kata orang harus bayar, ini saya tegaskan tidak ada," yakinnya.

"Sebelumnya saya juga tekankan kepada panitia dan peserta, jangan tergoda bila ada yang menjanjikan (sogokan). Tadi saya tanya satu-satu, kalau ada yang lulus/tidak karena membayar, informasikan ke saya, uangnya saya kembalikan," tegas Zulkarnain.

Kecakapan seorang polisi dalam berbagai hal tentunya dibutuhkan untuk jebol dalam tes tersebut. Salah satu buktinya, nilai tertinggi berhasil disabet oleh Anra Nosa SH MH, Bintara berpangkat Bripka yang pernah ditunjuk sebagai tim leader di UN Police (Polisi Dunia bentukan PBB).

Anra saat itu dipercaya memimpin puluhan polisi lainnya dari berbagai negara. Mereka ada yang berpangkat Kolonel hingga Jenderal di negara masing-masing. Anra Nosa lulus SIP peringkat teratas dengan torehan nilai 69,57. Ia sukses mengalahkan ratusan polisi lainnya yang turut dalam seleksi tersebut.

"Tidak ada usaha yang mencurangi hasil, ini berkat dukungan dan doa dari keluarga, rekan dan pimpinan. Insya Allah semua bisa dilalui secara maksimal. Tes SIP ini paling berat adalah beban moril yang harus dipikul dan Alhamdulillah, semua berjalan baik," ungkap Anra.
<!--pagebreak-->
Punya prestasi mentereng di UN Police diakui Anra memiliki beban tersendiri. Semua mata tertuju dan jadi tolak ukur khusus. Hal tersebut nyatanya berhasil ia jawab dengan lulus dengan nilai tertinggi. "Paling sulit itu Psikotes. Membutuhkan jiwa yang stabil dan pikiran yang tenang," lanjutnya.

Sesuai perkataan atasannya, Kapolda Riau Irjen Zulkarnain, Anra Nosa pun memastikan tidak mengeluarkan uang sepersen pun demi jebol menjadi Perwira melalui jalur SIP tersebut. "Alhamdulillah, mulai awal tahapan sampai lulus tidak ada satu sen pun uang yang kami keluarkan," singkatnya.

Berikut nama-nama polisi di jajaran Polda Riau yang lulus tes SIP:

Untuk Polisi Laki-laki (Polki): Anra nosa, Rian Onel, Dodi muska, Endang KJ, Hasan basri, Sudarto, Irsannidin harahap, Nanang puji, Ridwan butar-butar, Ashari, Muslim, Irwan fikri, Suhendrik, Rahmad wahyudi serta Yuhendra rosa.

Untuk Polwan lulusan SIP: Lexsy (Polantas), M Risma (Dokkes) dan Utari (Direktorat Krimum). Sedangkan dua nama yang lulus dari talent scoting: Irfana Doli dan Mike Kurniawan.***


Tulis Komentar