Dunia

Pesawat Pakistan Angkut Tujuh Penumpang Berdiri Selama Penerbangan

Pesawat Pakistan Airlines

GILANGNEWS.COM - Maskapai penerbangan menerapkan aturan ketat soal prosedur penerbangan, salah satunya memastikan semua penumpang mendapat kursi. Nyatanya, maskapai yang satu ini nakal dan melanggar aturan.

Sebuah pesawat Pakistan International Airline (PIA) nekat terbang dari Karachi ke Madinah, Arab Saudi, dengan kelebihan tujuh penumpang. Ketujuh penumpang itu berdiri di lorong pesawat selama penerbangan ke Madinah.

Kejadian itu berlangsung 20 Januari lalu namun baru diungkap Sabtu kemarin. Pesawat tipe Boeing 777 ini memiliki kapasitas total 409 kursi, termasuk kursi untuk kru pesawat.

Namun, pesawat ini nekat terbang dengan membawa 416 penumpang atau melebihi kapasitas sebanyak tujuh orang penumpang. Tindakan ini dianggap pihak berwenang sebagai pelanggaran serius terhadap peraturan keselamatan penerbangan.

Ketujuh penumpang yang berdiri selama penerbangan tersebut bisa masuk ke boarding pass dengan catatan tangan, bukan dari hasil komputer. Meskipun jelas melanggar peraturan penerbangan, staf lalu lintas darat di bandara tidak melapor ke kru pesawat.

Investigasi atas pelanggaran aturan penerbangan ini diungkap surat kabar Pakistan, Dawn. Para penumpang ekstra ini bisa menyebabkan masalah jika pesawat dalam keadaan darurat.

Sejumlah sumber yang terkait dengan investigasi itu mengungkap bahwa para kru pesawat dan staf lalu lintas darat saling menyalahkan satu sama lain. Anwer Adil, kapten pilot pesawat mengaku baru tahu adanya tujuh penumpang yang berdiri setelah pesawat take-off.

”Setelah take-off, ketika saya keluar dari kokpit, (purser senior) memberitahu saya bahwa ada beberapa penumpang tambahan yang (telah) dititipkan oleh staf lalu lintas,” katanya, yang dikutip Minggu (26/2/2017).***


Tulis Komentar