Riau

Pilkades Kampar II Dipastikan Dilaksanakan Tahun Ini

Ilustrasi

Gilangnews.com - Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) tengah mempersiapkan Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang Kedua. Pelaksanaan Pilkades serentak dipastikan tahun 2017 ini.

Meski begitu, Kepala DPMD Kampar, Surya Budhi mengaku, pihaknya belum menyusun tahapan berikut jadwalnya.

"Tahun ini (2017). Sudah ada anggarannya. Konsepnya sudah ada," katanya dilansir tribun, Kamis (16/3/2017).

Menurut dia, pihaknya masih merancang pembentukan Panitia mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai desa peserta.

Surya mengatakan, desa peserta sedang diinventarisir. Ia memastikan Pilkades serentak akan digelar di lebih dari 50 desa. Lebih jelasnya, peserta terdiri dari desa yang belum ikut pada Pilkades 2015. Seperti diketahui, Pilkades 2015 dilaksanakan di 105 dari 242 desa se-Kampar.

Surya mengatakan, konsep yang telah dibentuk masih tentatif. Disebutkan, mekanisme pemilihan masih mengadopsi konsep lama yang digunakan pada Pilkades serentak Gelombang I tahun 2015 silam.

Menurut dia, konsep dapat dirombak mengikuti regulasi yang datang menyusul. Misalnya, perubahan regulasi dari Menteri Dalam Negeri.

"Kalau ada regulasi baru, kita harus sesuaikan. Kalau anggarannya berubah, ya bisa disesuaikan dalam APBD Perubahan," jelasnya.

Disinggung wacana Pilkades e-voting, Surya tampaknya belum begitu akrab dengan sistem itu. Namun, kata dia, e-voting bisa saja diterapkan jika telah menjadi ketetapan.***
 


Tulis Komentar