Riau

Siak Jadi Lumbung Padi Riau

Panglima TNI tanam padi di Bungaraya
Loading...

SIAK, GILANGNEWS.com - Program prioritas kerakyatan yang dilakukan Pemkab Siak di sektor pertanian terpapar jelas. Ke depan, Siak akan menjadi pusat lumbung padi dan jagung terbesar di Riau.

Hal ini disampaikan Bupati Siak Syamsuar MSi pada penanaman padi dan jagung yang di hadiri Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo di Kampung Bungaraya Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak, Rabu (5/4/2017).

Bupati mengatakan ada 14 kecamatan di Siak, mulai Kandis, Minas, Tualang, Koto Gasib, Lubuk Dalam, Kerinci Kanan, Dayun, Mempura, Sia yang ditanam padi dan jagung seluas 5.000 hektare dan siap ditanami petani.

"Dari hasil tahun 2016 sampai Maret 2017 mencatat, gabah yang didapat petani mengalami peningkatan sebesar 25 persen. Begitu juga dengan peningkatan luas lahan yang terus bertambah," katanya dilansir dari laman mediacenter.riau.go.id.

Dengan demikian, terjawab sudah keinginan masyarakat menjadikan Siak sebagai salah satu lumbung padi di Riau. Dan Pemkab Siak, berkomitmen membangun daya saing di sektor pertanian dan perkebunan melalui program pemerintah dalam peran ketahanan pangan, mempasilitasi petani dalam sektor peralatan pertanian dan perkebunan.

Kabupaten Siak bekerjasama dengan bulog untuk menampung dan menetapkan harga gabah ke nilai jual ideal.Program ketahanan pangan di Kabupaten Siak tambah  Syamsuar ,terasa kuat setelah adanya dukungan TNI. Berbagai masukan diberikan, salah satunya cara perawatan pertanian dan perkebunan.

"Dinas Pertanian Siak juga akan berperan aktif dalam kontrol dan pengawasan pertanian di Kabupaten Siak,"ungkapnya.***


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar