Pekanbaru

Australia Apresiasi Riau Berhasil Atasi Karhutla 2 Tahun Berturut-turut

Edwar Sanger (dua dari kiri) saat di Australia

GILANGNEWS.COM - Emergency Management Australia (EMA), mengapresiasi Negara Indonesia, terutama provinsi Riau, karena berhasil menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta membebaskan Riau dari asap dua tahun secara berturut-turut.

Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei, mengatakan banyak pelajaran yang diambil saat berada di Canbera, Australia.

Dimana pihak Australia belajar dari Indonesia dalam menangani Karhutla dan penganganan asap. Sebaliknya Indonesia juga belajar dari Australia melalui EMA, dalam sektor informasi data dan informasi dini dalam penangan bencana.

"Kami mendapatkan banyak pelajaran dan berbagi pengalaman, khususnya dalam sektor infofmasi data dan informasi dini dalam penangan kebencanaan. Kita banyak menimba ilmu yang diberikan mereka untuk dapat kita terapkan di Indonesia," ujar Edwar Sanger, saat dihubungi, Selasa (23/1/2018).

"Dan mereka juga mengapresiasi apa yang telah dilakukan Indonesia dalam penanganan bencana selama ini. Khususnya bencana kabut asap yg sangat menggangu negara tetangga. Dua tahun ini kita sudah berhasil mengatasinya," tambahnya.

Dikataka mantan Pj Walikota Pekanbaru ini, 18 tahun sudah Riau dilanda kebakaran hebat dan kabut asap yang menyebabkan banyak penderitaan bagi kesehatan masyarakat. Termasuk gangguan-gangguan yang menghambat perekonomian. Dan Pemerintah tidak mau tinggal diam, secara bersama mampu mengatasinya.

"Riau yang berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga sudah bekerja keras beberapa tahun ini agar bisa bebas dari kabut asap. Dan dua tahun ini sudah berhasil mewujudkannya. Pelajaran inilah yang diambil oleh pihak Australia dari Indonesia," jelasnya.

Dari pertemuan itu, Pemerintah Indonesia dan Australia langsung menjalin kerjasama melalui BNPB dan MEA di bidang Pusdalob. Dan kedepan jika ada bencana maupun Karhutla kedua belah pihak sepakat untuk saling membantu.

"Jadi Kepala Badan BNPB mengucapkan terima kasih atas penerimaan yang diberikan pihak EMA Australia dalam kerjasama ini," cakap Sanger.

Rombongan tim Indonesia ke Australia dipimpin Langsung Kepala BNPB, Wiliem Rampangiley, dan didampingi Sestama BNPB Dody Ruswandi, Irtama Bintang. Termasuk juga direktur Kedaruratan dan Direktur Hubungan Luar Negeri BNPB serta Kalaksa BPBD Provinsi Riau, Suamtera Selatan dan Kalimantan Barat.


Tulis Komentar