Pekanbaru

Hanya Firdaus-Rusli Yang Hadir Lengkap di Malam Puncak HPN 2018

GILANGNEWS.COM - Malam puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN 2018) digelar dengan acara silaturahmi bersama Cagub dan Cawagub Riau di Hotel Premiere, Pekanbaru, Sabtu 24/2/2018. Namun, dari ke 4 paslon yang diundang, hanya Firdaus-Rusli yang hadir lengkap, sementara Hardiyanto datang sendiri tidak didampingi cagubnya Lukman Edy. Sementara kedua paslon lainnya tidak tampak hadir pada malam puncak acara tersebut.

Seperti yang disampaikan ketua PWI Riau Zulmansyah, kehadiran Cagub dan Cawagub bukan dalam rangka kampanye, melainkan untuk berbagi pengalaman dan masukan untuk kemajuan insan pers dan organisasi wartawan.

“Kami mengundang ke 4 paslon dan bukan untuk memberi mereka panggung kampanye, tapi untuk berbagi saran serta masukan untuk kami wartawan yang ada di PWI.” sebutnya.

Zulmansyah dalam sambutannya menekankan peran penting jurnalistik dan wartawan sebagai profesi. Menurutnya, sudah menjadi kebutuhan mendesak untuk memprofesionalkan wartawan dengan mengikuti ujian kompetensi wartawan (UKW).

“Anggota PWI Riau itu 1.028 orang, tapi baru hanya 300an orang saja yang sudah UKW. Untuk itu kami menghimbau kepada seluruh anggota agar mengikuti UKW.” jelas Zulmansyah.

Mendapat kesempatan pertama, Hardiyanto yang merupakan cawagub pasangan Lukman Edy turut bercerita mengenai sejarah pers nasional. Dia menyinggung keberhasilan Raden Tirto Adi Suryo dalam membangun surat kabar berbahasa melayu pertama di Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

Selanjutnya, Firdaus yang didampingi cawagub Rusli Effendi lebih menekankan profesionalisme wartawan. Menurutnya wartawan tidak boleh memberitakan kebohongan. Dan dia juga setuju dengan ketua PWI terkait program UKW.

“Wartawan harus memberitakan kebenaran agar masyarakat mendapatkan pencerahan dan kepastian informasi, tentunya butuh profesionalisme wartawan dengan UKW, agar profesi mulia wartawan tidak dirusak oleh segelintir oknum yang mengaku-ngaku wartawan tapi menyebar informasi hoax.” tutup Firdaus.


Tulis Komentar