Pekanbaru

#RiauDaruratNarkoba, Uang Rp4 Triliun Beredar di Bisnis Haram Sabu

GILANGNEWS.COM - BNN Provinsi Riau menyebutkan ada 5 ton sabu yang beredar di Riau selama tahun 2017. Nilainya diperkirakan Rp4 triliun.

Data yang bertuahpos.com dapatkan, harga 1 bungkus sabu kemasan setengah gram berada di kisaran Rp300 ribu sampai Rp400 ribuan. Jika dibulatkan, maka 1 gram sabu mempunyai harga Rp800 ribu.

Jika dikalkulasikan dengan penangkapan jumlah 5 ton sabu yang ditangkap BNN, maka diperkirakan ada Rp 4 triliun uang yang beredar di bisnis haram ini.

Kemudian, Jika 5 ton sabu ini dibagikan ke seluruh masyarakat riau, maka setiap orang mendapatkan 0,8 gram sabu, dengan estimasi penduduk Riau 6 juta orang.

Sebagian besar sabu ini, sebagaimana disebutkan oleh Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Riau, AKBP Haldun berasal dari penyelundupan, terutama dari Malaysia.

"Dari hasil penangkapan tim sepanjang tahun 2017, barang haram yang paling banyak beredar di Riau berasal dari Negeri Jiran Malaysia," kata Haldun kepada awak media, Selasa 6 Maret 2017.

Beredarnya 5 ton lebih narkoba di Riau, semakin membuktikan bahwasanya Riau saat ini tengah gawat narkoba. Hal ini sejalan dengan ungkapan Ketua Komisi I DPRD Riau Hazmi Septiadi, yang menyebut dari banyak provinsi di Indonesia, Riau termasuk peredaran narkoba terbesar di Indonesia.


Tulis Komentar