Pekanbaru

Program Kartu Indonesia Sehat di Riau Tak Tepat Sasaran

GILANGNEWS.COM - Kartu Indonesia Sehat (KIS) program Jokowi di Riau ternyata tidak tepat sasaran. Sebab ada banyak masyarakat tergolong mampu mendapatkan fasilitas kesehatan melalui KIS. Sementara warga tergolong miskin tidak tersentuh program kemanusiaan ini.

Yoza, salah seorang warga yang bermukim di kawasan Gobah Pekanbaru mengaku dapat kartu KIS padahal dia tidak pernah mengurus atau ada petugas yang survei ke rumahnya. "Agak bingung aja pas tiba-tiba KIS-nya keluar atas nama saya," katanya kepada wartawan.

Dia mengatakan, memang kartu itu belum pernah digunakan sama sekali. Tapi dari cerita teman-temannya yang juga dapat KIS, memang fasilitas itu bisa digunakan.

Hal sama juga dialami Fadli, saat akan mengurus BPJS namanya sudah terdaftar sebagai penerima KIS.

"Jadi kata orang BPJS disuruh milih. Mau pakai KIS atau BPJS dengan tanggungan sendiri. Tapi saya enggak pegang kartu KIS-nya," sambungnya.

Untuk masalah ini, sempat menjadi catatan khusus dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Deputi Bidang Pencegahan KPK, Junet Junaedi mengatakan sektor kesehatan di Riau ditemukan beragam masalah. Diantaranya masalah data masyarakat penerima fasilitas kesehatan tak singkron dengan data base.

"Selain itu juga ada pungutan biaya dalam pelayanan. Mohon maaf di Riau ini bahkan ada istilah pelayanan kesehatan itu hanya di saat jam kerja saja. Di luar jam kerja harus bayar," katanya.


Tulis Komentar