Pekanbaru

KPU Riau Adakan Pra Bimtek Pendaftaran Bakal Calon DPD RI

GILANGNEWS.COM - Jelang pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) penerimaan pendaftaran dan verifikasi bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) atau Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu (SIPPP) Gelombang III oleh KPU RI pada 25–27 Maret 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau melaksanakan pra Bimbingan Teknis (Bimtek) internal di lingkungan KPU Provinsi Riau, Rabu (21/3/2018).

Pra bimtek diikuti oleh komisioner, sekretaris, kabag, kasubag dan pegawai sekretariat KPU Provinsi Riau yang telah ditunjuk. Adapun materi bimtek berdasarkan bahan yang sudah diupload melalui website KPU RI.

Kegiatan pra bimtek internal dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Riau, Dr Nurhamin. Selanjutnya kegiatan dipimpin oleh Ilham Muhammad Yasir, selaku Divisi Hukum dan Pengawasan yang membidangi tahapan pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPD.

“Kegiatan ini sangat baik untuk menyamakan pemahaman dalam proses pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPD nantinya,” ujar Nuhamin melalui siaran pers-nya.

Menurut Nurhamin, dengan adanya pra bimtek ada proses saling bertukar informasi dan pengalaman. Sehingga semuanya mampu menjelaskan dengan baik kepada para calon peserta.

“KPU Provinsi Riau ingin memberikan layanan yang  terbaik kepada seluruh peserta,” pesan Nurhamin.

Sementara Ilham Muhammad Yasir menambahkan, selain di KPU Provinsi Riau, di KPU kabupaten/kota juga diminta melaksanakan pra bimtek yang melibatkan para komisioner dan pegawai sekretariat yang telah ditunjuk. Soalnya, pada Bimtek 25 – 27 Maret 2018 mendatang, selain KPU Provinsi, KPU kabupaten/kota juga diundang oleh KPU Republik Indonesia.

“Pra bimtek jadi bekal memahami bahan-bahan yang sudah ada. Sehingga saat Bimtek tinggal menguatkan pemahaman yang sudah didapat,” ujar Ilham.

Pada kegiatan pra bimtek, menurut Ilham, KPU Provins Riau juga sudah membentuk kelompok yang nantinya akan dilibatkan dalam tahapan pendaftaran dan verifikasi calon anggota DPD di KPU Provinsi Riau.

“Sementara kita bentuk 6 kelompok. Keenam kelompok inilah yang nantinya akan melayani para bakal calon anggota DPD,” ujar Ilham.

Sepulang dari Bimtek, harapan Ilham, KPU Provinsi Riau tinggal fokus memberikan bimtek kepada para pemangku kepentingan dan bakal calon yang tertarik menjadi peserta Pemilu 2019 dari perseorangan atau DPD tersebut.

Rangkaian kegiatan itu adalah sosialisasi KPU Provinsi Riau kepada masyarakat luas, khususnya kepada para bakal calon maupun para pendukungnya.


Tulis Komentar