Politik

Silaturahmi di Harapan Jaya dan Kasikan, Warga Sampaikan Tiga Hal Ini kepada Firdaus

GILANGNEWS.COM - Calon Gubernur Riau Dr H Firdaus  ST MT dengan Calon Wakil Gubernur Riau H Rusli Effendi melaksanakan kampanye dialogis di Desa Harapan Jaya dan Kasikan Kampar, Selasa (3/4/2018). Firdaus dan rombongan disambut ratusan warga yang antusias menantikan kehadiran dan memberikan dukungan untuk pencalonannya pada Pilgubri 2018 yang akan datang.

Warga memang mempunyai harapan besar kepada Firdaus. Mereka menyampaikan tiga persoalan utama yang terjadi di Desa Harapan Jaya.

Masyarakat menyampaikan tiga aspirasi yang diharapkan bisa menjadi kesepakatan yang akan dilaksanakan Firdaus bila terpilih kelak. Tuntutan Pertama adalah terkait penyelesaian sengketa wilayah desa yang sudah menahun dan soal status wilayah desa, Kedua mengenai infrastruktur desa, ketiga masalah pendidikan.

Hal tersebut disampaikan tokoh masyarakat setempat saat sambutan kampanye dialogis. Atas tiga aspirasi tersebut, Firdaus pun mengungkapkan "Saya melihat seluruh daerah di Riau mengalami hal yang sama, baik di infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi," ucap Firdaus.

Firdaus memahami apa yang menjadi harapan masyarakat setempat. Khusus kondisi ruas jalan dan perbaikan infrastruktur, dia tidak menafikan bahwa prasarana tersebut penting untuk meningktkan komoditi, produktifitas usaha dan menjaga kestabilan harga hasil pertanian yang selama ini menjadi tulang punggung perekonomian warga.

Dilihat lagi di bidang produksi, bagaimana dilihat dari komoditi masyarakat daerah Kasikan dan Harapan Jaya adalah kelapa sawit, dan kelapa sawit dibagi dalam tiga jenis perkebunan. Yaitu kebun rakyat, kebun BUMN, dan kebun swasta.

Maka kita fokuskan pada perkebunan rakyat, pemerintah harus mendampingi rakyat dengan penyediaan infrastruktur berbentuk jalan, kemudian pengendalian atau penetapan harga dan bagaimana meningkatkan hasil produksi perkebunan dengan menyediakan pupuk dan lain sebagainya.

Fokus untuk daerah Kasikan, Firdaus menambahkan bahwa daerah ini mendapat nilai tambah dari sektor perdagangan, ini harus dibantu dengan cara bagaimana meningkatkan daya beli masyarakat agar ekonomi terus bergerak dan tumbuh.

Karena itulah, Firdaus dalam kesempatan itu juga menyebutkan kalau Firdaus-Rusli Effendi mempunyai sejumlah program prioritas, salah satunya adalah pembenahan sarana infrastruktur jalan, listrik, transportasi dan air bersih.

Penyediaan prasarana infrastruktur jalan tersebut disebutkan Firdaus diharapkan mampu menunjang kemudahan masyarakat dalam usaha sehingga mampu meningkatkan produktivitas usaha dan hasil pertanian warga.

Firdaus juga menyampaikan sejumlah kondisi riil yang terjadi di tengah masyarakat Riau dewasa ini yang disebabkan menurunnya pertumbuhan ekonomi daerah yang berimplikasi pada turunnya daya beli masyarakat. Untuk itu, Firdaus mengajak warga untuk ikut melakukan perubahan.

Riau memerlukan kepemimpinan yang bisa membuat perubahan. Bukan saja dalam faktor kepemimpinan, namun juga arah kebijakan. Riau butuh pemimpin yang berani dalam membuat kebijakan yang pro pada kepentingan masyarakat dan mampu menunjang kemudahan dalam aktivitas masyarakat lewat program yang ditawarkan.

Firdaus juga mengungkapkan atensinya untuk pengembangan sektor pertanian dan perkebunan dan menjadikan sektor pertanian dan perkebunan sebagai penggerak roda perekonomian Riau. Pemerintah mempunyai kewajiban untuk memberikan kemudahan dan menjamin kelancaran aktivitas usaha masyarakat dengan menyediakan infrastruktur baik jalan termasuk irigasi.

''Insyaallah, bila dipercaya, kami Firdaus, akan menjawab apa yang menjadi aspirasi masyarakat di sini,'' ungkap Firdaus.


Tulis Komentar