Politik

Dongkrak Kualitas Pendidikan dan SDM Riau, Firdaus Canangkan SMA/SMK Gratis

GILANGNEWS.COM - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau nomor urut 3 Firdaus-Rusli canangkan pendidikan terbaik dengan menghadirkan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) gratis.

Hal itu diungkapkan Calon Wakil Gubernur Riau, Rusli Effendi saat menggelar kampanye di Kabupaten Kuantan Singingi, Kamis (5/4/2018).

Katanya, program ini untuk meningkatkan mutu dan minat pendidikan di sekolah tak hanya SD, SMP Negeri yang gratis tapi paslon ini mencanangkan untuk SMA/SMK gratis.

Hingga kini, ada sejumlah persoalan SMK yang masih harus bayar biaya praktik, namun, keinginan menyekolahkan anak ke SMK tidak lagi terjerat oleh beratnya biaya praktik yang besar.

Dengan program yang telah dibuat tentunya akan sangat membantu para orang tua yang anaknya ingin masuk SMK.

Indrawati, salah seorang warga menyambut baik hal tersebut, menurutnya justru akan membantu warga nantinya. "Bagus itu, apa lagi cucu Saya mau lanjut setelah lulus SMP ini. Tentunya sangat membantu," harapnya.

Sementara itu Calon Wakil Gubernur Riau, Rusli Effendi memang berharap banyak dengan lulusan SMK, karena menurutnya lulusan SMK dibekali skil sesuai dengan jurusan yang diambilnya, sehingga kalau pun tak mampu melanjutkan ke bangku perkuliahan bisa bekerja dan membuka lapangan kerja sesuai keahliannya.

"Selain itu dengan membantu masyarakat pendidikan gratis maka akan meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas pula," ujarnya.

Tak hanya persoalan pendidikan, pasangan yang diusung Partai Demokrat dan PPP ini juga menyoroti soal ketersediaan air bersih bagi masyarakat, apalagi sungai yang dulu jadi sumber air utama tak bisa lagi diharapkan.

Seperti diketahui air bersih menjadi kebutuhan pokok ketika air sungai tak lagi dapat digunakan. Apalagi daerah mudik Kuansing, sangat membutuhkan air bersih untuk kegiatan sehari-hari hal ini dirasakan oleh warga Desa Kasang, Kuansing .

“Air sungai tidak bisa digunakan kalau untuk mandi terasa gatal-gatal, jadi harus menggunakan air sumur," kata Lainis salah seorang warga.

“Kami Firdaus Rusli akan komit memperjuangkan air bersih bagi kelangsungan warga Desa Kasang, karena air merupakan kebutuhan pokok yang sudah seharusnya dimiliki setiap orang," pungkasnya.


Tulis Komentar