Dunia

Trump Balas Tembak Jatuh Drone Iran

Ilustrasi rudal yang diluncurkan dari kapal perang Amerika Serikat.

GILANGNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, menyatakan salah satu kapal perang mereka yang berada di kawasan Teluk berhasil menembak jatuh sebuah pesawat nirawak (drone) yang diduga milik Angkatan Bersenjata Iran. Insiden itu dilaporkan terjadi di Selat Hormuz pada Kamis (18/7) kemarin.

Seperti dilansir Reuters, Trump menyatakan kapal perang USS Boxer menembak sebuah drone yang diduga milik Iran karena dilaporkan berada dalam jarak 300 meter. Dia beralasan tindakan itu diambil karena USS Boxer menganggap drone itu membawa persenjataan yang bisa mengancam keselamatan.

Terkait insiden itu, Trump mengajak sejumlah negara mengecam tindakan Iran dan melindungi kapal masing-masing.

Pada 20 Juni lalu, angkatan bersenjata Iran menembak jatuh drone intai RQ-4 Global Hawk. Iran beralasan pesawat itu sudah memasuki wilayah perairannya dan dianggap sebagai ancaman.

Kendati demikian, AS membantah klaim Iran. Mereka berkeras drone itu masih terbang di atas jalur pelayaran internasional.

Iran bahkan menyatakan sudah sempat membidik pesawat intai Boeing P-8 Poseidon milik Angkatan Laut AS yang terbang di belakang drone itu. Burung besi itu berfungsi untuk operasi anti-kapal selam dan serang permukaan, serta pengintaian. Perangkatnya dibuat khusus untuk bisa tersambung dengan pesawat intai nirawak RQ-4 Global Hawk.

Saat itu Trump menyatakan sudah memutuskan menyerang balik Iran. Dia bahkan sudah memerintahkan sejumlah jet tempur mengudara dan kapal-kapal perang yang berada di Teluk membidikkan senjata ke arah Iran. Namun, perintah itu dicabut di detik-detik akhir dan serangan itu batal terlaksana.

 


Tulis Komentar