Riau

BMKG Pekanbaru: Ada 30 Titik Panas di Riau

Kebakaran lahan di Riau.
Loading...

GILANGNEWS.COM - BMKG Pekanbaru merilis jumlah titik panas (hotspot) di Provinsi Riau. Berdasarkan catatan BMKG pada tingkat kepercayaan tinggi 70 persen, ada 30 titik panas di Riau.

Menurut pantauan satelit Terra Aqua pada Minggu (28/7/2019) pukul 06.00 WIB, ditemukan 117 titik panas di wilayah Sumatera pada tingkat kepercayaan 50 persen. Sebarannya Aceh 3 titik, Jambi 3 titik, Bengkulu 13 titik, Lampung 7 titik, Sumatera Barat 11 titik, Sumatera Selatan 13 titik, Sumatera Utara 3 titik, Bangka Belitung 3 titik, dan Riau mencapai 61 titik.

Namun, pada tingkat kepercayaan tinggi 70 persen, titik panas terpantau hanya menjadi 30. Sebarannya ada di Kabupaten Bengkalis 2 titik, Kuansing 1 titik, Pelalawan 30 titik, Rokan Hulu (Rohul) 2 titik, dan Siak 2 titik.

"Cuaca dari siang sampai sore hari diperkirakan cerah berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang tidak merata terjadi di Kabupaten Bengkalis, Meranti, sebagian lagi di Kabupaten Siak, Kota Pekanbaru, dan Pelalawan," kata Staf Bidang Analisis BMKG Pekanbaru, Mia Vadilla kepada wartawan.

Loading...


Kendati demikian, Mia menjelaskan saat ini kondisi udara masih dalam kategori baik. Ia menyebutkan udara pagi ini di Riau bercampur antara asap dan partikel udara basah.

"Tidak hanya asap semua, tapi bercampur dengan partikel udara basah. Kalau terganggu belum, jarak pandang masih 6 Km, masih tergolong bagus," ujarnya.

Ia mengatakan BMKG belum bisa memastikan berapa lama kondisi tersebut akan berlangsung. "Belum bisa dipastikan, hilangnya asap sendiri bisa dikarenakan hujan atau faktor angin," kata Mia.

Diketahui, sebaran titik panas ini merupakan imbas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terus terjadi di Riau. Tim Satgas Darat dan Udara dalam sepekan ini sudah melakukan upaya pemadaman di Kabupaten Siak. Namun, meski sudah berlangsung selama tujuh hari, kebakaran lahan gambut belum bisa dipadamkan.

 


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar