Legislator

Belum Dibagikan, Ratusan Mobil Dinas Masih Terparkir di Rumah Dinas Gubernur Riau

Mobil operasional yang dikandangkan sebelum cuti bersama lebaran Idul Fitri lalu.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau hingga kini belum membagikan ratusan mobil operasional yang dikandangkan sebelum cuti bersama lebaran Idul Fitri lalu. Alasannya, belum semua OPD di lingkungan pemerintah setempat mengajukan kebutuhan mobil operasional.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau, Syahrial Abdi, kepada wartawan mengatakan, saat ini mobil operasional tersebut masih terparkir di halaman belakang rumah dinas gubernur Riau.

"Sebagaian sudah dibagikan sambil berjalan. Jadi mana OPD yang sudah mengajukan surat usulan kebutuhan dan memverifikasi kebutuhannya, sudah dikasih mobil operasional," katanya, Selasa (27/8/2019).

Pemberian mobil operasional tersebut harus sesuai petunjuk yang diberi oleh Gubernur Riau. "Kan sudah diberi petunjuk oleh pak gubernur Riau. Mana OPD yang butuh mobil operasional banyak dikasih banyak, yang butuh sedikit diberi sedikit. Dan yang tak membutuhkan tak dikasih," ujarnya.

Lebih lanjut Syahrial menyampaikan, pengusulan mobil operasional yang disampaikan OPD tetap harus melalui justifikasi. Hal ini untuk melihat usulan benar-benar sesuai kebutuhan.

"Kerena ada juga OPD yang merasa butuh mobil operasional, tapi menurut pertimbangan pak gubernur atau justifikasi tidak perlu," paparnya.

Kemudian, sebut dia, kalau semua kebutuhan mobil operasional OPD sudah terpenuhi. Maka mana mobil dinas yang sesuai ketentuan dilelang akan dilelang.

"Setelah semua kebutuhan mobil operasional OPD selesai, sisanya akan kita lelang. Kemarin kan yang sudah kita data, ada 40 unit mobil dinas sesuai ketentuan sudah layak untuk dilelang," cakapnya.

Pengumpulan mobil dinas ini awalnya dulu untuk menghindari aset dan fasilitas negara digunakan ASN saat mudik lebaran. Namun sampai saat ini mobil tersebut belum juga digunakan sebagaimana fungsinya.


Tulis Komentar