Riau

Titik Api Marak Lagi di Riau, Dumai Berasap

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Sebanyak 45 hotspot (titik panas) kembali terpantau di provinsi Riau, Ahad (1/9/2019). Jumlah ini naik dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan titik panas tersebar di 5 wilayah.

"Lima wilayah tersebut yakni di Bengkalis 4 titik, Kepulauan Meranti 8 titik, Rohil 30 titik, Inhil 1 titik, dan Inhu 2 titik," ujar Marzuki, Ahad (1/9/2019).

Dari jumlah tersebut, 31 titik diantaranya memiliki level confidence di atas 70 persen yang berarti di titik tersebut dipastikan adalah kebakaran hutan dan lahan.

"Titik api tersebut berada di Bengkalis 1 titik, Kepulauan Meranti 8 titik, Rohil 20 titik, Inhil 1 titik dan Inhu 1 titik," cakapnya.

Lanjut Marzuki, akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi tersebut, ada satu wilayah di Riau hari ini diselimuti kabut asap tipis. Wilayah tersebut yakni di Kota Dumai.

"Dumai memang diselimuti asap, jarak pandangnya 3 kilometer," ungkapnya.

Selain Dumai, jarak pandang Pekanbaru dan Inhu juga terbatas yakni masing-masing 3 dan 5 Kilometer. Namun bukan disebabkan oleh kabut asap, tapi udara kabur.

Dijelaskan Marzuki, udara kabur terjadi akibat adanya partikel-partikel yang menghalangi udara, sehingga terjadilah kabur.

"Udara kabur ini hanya sebentar saja. Jika matahari tinggi udara pasti akan normal kembali. Namun kita akan terus lakukan pemantauan," cakapnya.


Tulis Komentar