Riau

Dikepung Karhutla, Jarak Pandang di Pelalawan Riau 1,5 Km

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih mengepung Riau. Imbasnya, jarak pandang di Kabupaten Pelalawan hanya 1,5 km.

Hal itu terungkap dalam rilis BMKG Pekanbaru yang dilansir pada Jumat (6/9/2019) pukul 16.00 WIB. Dalam rilis disebutkan asap saat ini mengepung sejumlah wilayah. Selain Kabupaten Pelalawan, asap mengepung Kota Pekanbaru.

"Jarak pandang di Pekanbaru hanya 4 km, kondisi asap," kata staf analisis BMKG Pekanbaru Marzuki kepada wartawan.

Untuk sebaran titik panas, kata Marzuki, pada label confidence 70 persen sore ini terdeteksi 58 lokasi di Riau. Sebaran titik panas ini ada di Bengkalis 2, Kepulauan Meranti 3, Kuansing 1, dan Pelalawan 22.

Sementara itu, asap dari pagi masih terus menyelimuti Kota Pekanbaru. Belum terlihat kondisi asap menghilang.

"Untuk asap di Pekanbaru kalau dilihat dari arah angin wilayah Riau umumnya dari tenggara hingga barat daya. Kemungkinan asap di Pekanbaru berasal dari Kabupaten Pelalawan, Inhu, dan Inhil," staf analisis BMKG Pekanbaru lainnya, Sanya.

Dari rilis BPBD Riau, diketahui kondisi udara di sejumlah wilayah ada yang menurun. Untuk Pekanbaru kondisi indeks standar pencemaran udara (ISPU) masuk dalam kategori sedang 85. Kondisi udara Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, tidak sehat di angka 128. Kota Dumai dan sebagian Kampar juga dinyatakan tidak sehat.

"Tim Sargas Karhutla juga melakukan TMC (teknologi modifikasi cuaca) dengan pesawat Cassa 212. Melakukan semai di wilayah Pelalawan, Inhu, Rohul, Rohil, dan Dumai," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger.


Tulis Komentar