Riau

3 Pesawat di Pekanbaru Kesulitan Mendarat Pagi Ini karena Kabut Asap

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Tiga pesawat komersil mengalami kesulitan saat mau mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, pagi ini. Ketiga pesawat itu tak bisa mendarat karena jarak pandang hanya 500 meter akibat kabut asap.

Ketiga pesawat yang masih berputar-putar atau hold di langit Pekanbaru pada Minggu pagi pukul 08.30 WIB itu masing-masing adalah Batik Air, Citilink dan Malindo Air.

"Masih holding sementara ada dua, Batik Air dan Citilink, juga kemungkinan Malindo," kata Officer In charge (OIC) Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Benni Netra, yang dilansir dari media, Minggu (22/9/2019).

Ia menjelaskan Batik Air dengan nomor penerbangan 6856 dari Bandara Soekarno Hatta seharusnya mendarat pada pukul 07.35 WIB. Selanjutnya, Citilink QG 936 yang juga dari Soekarno Hatta dijadwalkan untuk mendarat sekitar pukul 08.15 WIB, serta Malindo Air OD 362 dari Subang, Malaysia yang dijadwalkan mendarat pukul 08.30 WIB juga masih berputar-putar di udara Pekanbaru.

Namun, hingga kini jarak pandang di landasan pacu Bandara SSK II hanya 500 meter sehingga pilot masih menunggu jarak aman pendaratan. Benni mengatakan jarak pandang aman untuk mendaratkan pesawat adalah 800 meter.

Terbatasnya jarak pandang itu merupakan dampak dari kabut asap Karhutla yang kini melanda sebagian wilayah Riau. BMKG menyatakan jarak pandang terbatas juga berlangsung di Pelalawan yang hanya berkisar 300 meter, Rengat Kabupaten Indragiri Hulu 500 meter serta Kota Dumai 1 Kilometer.


Tulis Komentar