Dunia

NASA: Bukti Ada Kehidupan di Mars Akan Guncang Umat Manusia

Planet Mars.

GILANGNEWS.COM - Pada tahun 2020, NASA akan meluncurkan rover baru ke planet Mars dengan misi bernama Mars 2020. Tujuan utamanya adalah menyingkap apakah pernah ada kehidupan di planet merah itu. Jika benar pernah ada makhluk hidup di sana, umat manusia mungkin takkan siap mendengarnya.

Pada saat ini, Mars begitu tandus. Namun bisa jadi kondisinya amat berbeda pada miliaran tahun silam sehingga tidak mustahil makhluk hidup pernah berkembang di situ.

Salah satu misi Mars 2020 adalah menyiapkan sampel material Mars untuk dikirimkan ke Bumi. Sampel itu akan diteliti ilmuwan dan bisa saja menunjukkan adanya pertanda kehidupan.

Bahkan tidak menutup kemungkinan Mars 2020 dan juga misi ExoMars dari European Space Association (ESA) bisa langsung mengungkap bukti semacam itu di sana.

"Hal itu akan menjadi hal revolusioner. Akan memulai pemikiran baru secara menyeluruh. Saya pikir kita tidak siap untuk hasilnya, kita tidak siap," kata Chief Scientist NASA, Jim Green.

"Saya cemas tentang itu karena saya pikir kami sudah dekat untuk menemukannya dan membuat beberapa pengumuman," cetusnya.

Green menilai penemuan bukti makhluk hidup di Mars akan melontarkan beragam pertanyaan yang mungkin susah terjawab dari berbagai sudut pandang. Apalagi kehidupan di Bumi sendiri dari sisi sains masih diperdebatkan asal muasalnya.

Namun di sisi lain, belum tentu juga sebagian orang langsung percaya ada kehidupan di Mars meskipun nanti ada buktinya. Bisa jadi teori konspirasi nanti dikemukakan.


Tulis Komentar