Riau

Pandemi Covid-19, Pemkab Rohul Pastikan Stok Pangan Aman

Pandemi Covid-19, Pemkab Rohul Pastikan Stok Pangan Aman
Loading...

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bergerak cepat mengamankan stok pangan untuk warganya di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang semakin meresahkan.

Untuk memastikan ketersediaan pangan tahun ini Pemkab Rohul mengambil langkah cepat dengan menyebar benih kepada petani agar segera ditanam di areal persawahan di seluruh Rohul.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Rohul Drs Yusmar MSi menjelaskan, kebutuhan beras Rohul per triwulan adalah 18.000 ton atau 6.000 ton per bulan. Sementara, hasil panen beras Rohul dari Januari hingga Maret berkisar 24.000 ton. Stok ini masih mencukupi kebutuhan beras Rohul hingga Juni 2020.

Tidak hanya itu, untuk memastikan ketersediaan stok beras aman, Pemkab Rohul melalui Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura (DPTHK) telah menyalurkan bantuan benih padi varietas inpari 33 bersertifikat dari bantuan APBN sebanyak 37.650 Kg untuk segera ditanam di 1.506 Ha areal persawahan di Rohul.

Loading...

"Areal persawahan 1.506 hektare yang ada di Rohul berpotensi menghasilkan panen sekitar 5 ton per hektare. Dan diperkirakan akan panen pada Juli 2020 dan menyambung stok panen bulan Maret," Jelas Yusmar Didampingi Kadis TPHK Rohul Mubrizal SP.

Kecukupan stok beras Rohul juga ditopang ketersediaan 2.275 ton beras di 2 gudang Bulog, 100 ton beras cadangan Pemkab Rohul dan 6.300 pasokan beras dari distributor dari daerah lainya.

“Jadi dengan kondisi kecukupan stok beras saat ini masyarakat tidak usah panik dengan melakukan aksi borong. Belilah kebutuhan pokok sesuai kebutuhan, karena stok beras kita aman," pungkas Yusmar.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar