Dunia

Inggris Minta China Jujur soal Awal Mula Virus Corona

Ilustrasi virus corona di China.

GILANGNEWS.COM - Pejabat sementara Perdana Menteri Inggris Dominic Raab meminta China berterus terang soal bagaiman wabah virus corona bisa terjadi.

Kata dia, ada sejumlah "pertanyaan sulit" yang harus dijawab China mengenai bagaimana itu virus bermula.

"Kita harus bertanya pertanyaan sulit tentang bagaimana itu terjadi dan bagaimana itu bisa dihentikan," kata Menteri Luar Negeri Inggris itu dalam konferensi pers di London, Kamis (16/4) waktu setempat.

Raab menegaskan bahwa Inggris tidak mungkin lagi bisa menjalin hubungan seperti biasa dengan China setelah adanya pandemi Covid-19 ini.

Itu menunjukkan sikap keras Inggris terhadap China setelah mereka dihantam krisis corona yang telah menewaskan 13.729 orang di negara itu.

"Tidak ada keraguan kita tidak dapat melakukan urusan seperti biasa setelah krisis ini," ujarnya seperti dikutip dari South China Morning Post, Jumat (17/4).

Diduga virus itu berasal dari hewan lalu menular kepada manusia. Virus itu kemudian menyebar ke penjuru negeri dan lebih dari 200 negara.

Meski demikian, Raab menjelaskan, selama ini hubungan Inggris dan China berjalan baik, termasuk ketika mereka mengevakuasi warga dari Wuhan saat terjadi ledakan korban corona. Mereka juga melakukan kerja sama dalam penyediaan pasokan medis selama pandemi.

Komite Urusan Luar Negeri Inggris telah memperingatkan bahwa kampanye disinformasi yang diatur China soal virus corona telah mengorbankan nyawa warga Inggris.

Dalam laporan itu, anggota parlemen mengatakan China berusaha menutupi apa yang sebenarnya terjadi ketika wabah dimulai di mana seharusnya mereka memiliki peran kunci dalam mengumpulkan data penyebaran.

China sendiri menyatakan tidak ada bukti bahwa wabah itu dimulai di sana. Kedutaan besar China di London mengatakan belum ada kesimpulan ilmiah atau medis" tentang asal-usul Covid-19 dan menyatakan penelusuran masih berlangsung.

Sebelumnya sebuah lembaga pemikir asal Inggris, Henry Jackson Society (HJS), membuat laporan mengenai kemungkinan menggugat China secara hukum atas pandemi virus corona (Covid-19).

Mereka berpendapat bahwa China harus dituntut dengan hukum internasional dan didenda triliunan dolar AS karena menutupi awal mula munculnya wabah virus corona, yang menyebabkan lebih dari 60 ribu kematian dan dampak ekonomi di berbagai negara.

Berdasarkan informasi, pada 31 Desember 2019, China melaporkan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang virus tersebut, tetapi menyebutkan bahwa tidak ada bukti virus dapat menular dari antarmanusia.

"Beberapa orang yakin penyakit ini menyebar di antara manusia sebelum tanggal ini," bunyi laporan tersebut.

HJS juga menganggap China telah meremehkan data dan juga menegur dokter yang berusaha memperingatkan bahaya virus tersebut.

HJS juga menganggap masyarakat China sendiri telah menjadi korban kelalaian pemerintah Negeri Tirai Bambu dalam menangani wabah. Henry Jackson Society kemudian meminta China untuk mengganti rugi semua dampak serta kerugian yang telah disebabkan oleh virus tersebut.


Tulis Komentar