Dunia

Nenek di Belgia Sembuh dari Virus Corona Usai Rayakan Ultah ke-100

Julia Dewilde saat meninggalkan rumah sakit usai dinyatakan sembuh dari virus Corona.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Seorang nenek berusia 100 tahun di Belgia berhasil sembuh usai terinfeksi virus Corona (COVID-19). Nenek ini baru saja merayakan ulang tahun ke-100 sekitar empat hari sebelum dia dinyatakan sembuh.

Seperti dilansir, Kamis (30/4/2020), nenek bernama Julia Dewilde ini merupakan seorang pensiunan yang lahir saat pandemi flu Spanyol melanda dunia tahun 1918-1920 silam. Dia menjalani perawatan medis di rumah sakit Bois de I'Abbaye di Belgia bagian timur selama 19 hari usai dinyatakan positif virus Corona.

Nenek Dewilde awalnya mengalami gangguan pernapasan pada pertengahan April dan dibawa ke rumah sakit. Dia kemudian dinyatakan positif virus Corona dan sempat mengalami infeksi bakteri yang membutuhkan perawatan antibiotik.

Selama perawatan, nenek Dewilde mendapatkan rehidrasi dan diberi oksigen untuk mengatasi gangguan pernapasan yang dialaminya. Namun dia tidak pernah diintubasi dan tidak pernah masuk ke Unit Perawatan Intensif (ICU).

Loading...

Setelah dirawat selama 19 hari, dia mengalami pemulihan secara bertahap dan akhirnya hasil tesnya menyatakan dia negatif virus Corona. Empat hari sebelum hasilnya dirilis, nenek Dewilde merayakan ulang tahun ke-100 di rumah sakit.

Kisah kesembuhan nenek Dewilde ini menjadi inspirasi karena diketahui bahwa virus Corona sangat berisiko bagi pasien yang berusia lanjut dan rentan.

Pada Rabu (29/4) waktu setempat, para staf rumah sakit memberikan penghormatan kepada nenek Dewilde setelah dia dinyatakan sembuh dari virus Corona. Usai sembuh, nenek Dewilde akan kembali ke panti jompo yang menjadi tempat tinggalnya di usia lanjut dan dia akhirnya akan boleh dikunjungi oleh keluarganya.

"Iya, mereka akan datang besok. Saya akan bertemu mereka besok. Itu akan baik bagi saya," ucap nenek Dewilde saat dibawa keluar dari rumah sakit dengan kursi roda, di tengah sorakan para staf.

Keberhasilan nenek Delwilde untuk sembuh memberikan momen kemenangan tersendiri bagi para dokter dan perawat yang menanganinya. "Dia adalah salah satu kesuksesan terhebat kita. Ini sungguh menghangatkan hati," tutur Laura Bertrand, salah satu perawat yang merawat nenek Delwilde.

Dengan 11,5 juta jiwa penduduk dan 7.501 kematian akibat virus Corona -- sebagian besar berusia di atas 75 tahun, angka kematian per kapita di Belgia tercatat sebagai salah satu yang terburuk di dunia. Data terbaru Johns Hopkins University (JHU) mencatat total 47.859 kasus virus Corona dilaporkan di Belgia.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar