Riau

Soal Kabar 3 Warga Kuansing Positif Covid-19, Diskes Riau Belum Terima Laporan Hasil Lab

Kadiskes Riau, Mimi Yulini Nazir.

GILANGNEWS.COM - Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan tim Gugus Tugas Covid-19 belum menerima laporan mengenai kabar penambahan pasien positif Covid-19 dari Kabupaten Kuansing.

Kadiskes Riau, Mimi Yulini Nazir, mengatakan, kalau ada penambahan pasien positif di Riau maka pihaknyalah yang harus menerima pertama data pasien. Dan selanjutnya disampaikan ke pemerintah pusat, melelui Gugus tugas Covid-19 pusat.

“Saya saja belum ada menerima laporannya dari kepala lab RSUD. Yang jelas Dinkes proviani sampai saat ini belum menerima laporan hasil swab dari lab biomolekular,” jelas Mimi Yuliani Nazir, Sabtu (13/6/2020).

“Kalaupun ada penambahan, kan ada etikanya dalam menyampaikan penambahan pasien positif dan sembuh. Seperti yang kami sampaikan setiap harinya. Ada etika dan menjalankan amanahnya," jelas Mimi lagi.

Disinggung terkait beredarnya info di Medsos dan WhatsApp tentang penambahan tiga pasien positif Covid-19 dari juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing, Mimi Yuliani Nazir mempersilahkan konfirmasi ke Diskes Kuansing.

“Saya sudah telpon Diskesnya, dan dia minta maaf. Saya saja belum mendapatkan laporannya, kita sama-sama menjaga kebenarannya, kita lihat saja nanti,” ungkap Mimi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh juru bicara Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, yang setiap harinya menyampaikan penambahan pasien positif dan negatif. Ia juga belum mendapatkan laporan dari Labkes biomolekuler RSUD Arifin Ahmad.

“Saya belum dapat konfirmasinya,” singkat Indra Yovi.

Untuk diketahui, jika benar adanya penambahan tiga pasien positif covid-19 dari Kabupaten Kuansing, maka kasus ini merupakan kasus perdana di Kuansing. Karena sejak pandemi Covid-19 di Kuansing belum pernah ada terkonfirmasi pasien positiv Covid-19.

Sebelumnya diberitakan, warga Batam, TJM (40) terkonfirmasi positif Covid-19, setelah pulang dari Tarutung, Medan. Dan selanjutnya jalan ke Kuansung bersama saudaranya dari Kuansing dan Pekanbaru dengan menggunakan bus yang isinya 20 orang. Saat ini TJM masih dirawat di RSUD Arifin Ahmad.

Pihak Diskes Kuansing sudah melakukan tracing terhadap orang yang kontak langsung dengan TJM. Ada 14 orang terkonfirmasi merupakan keluarga TJM yang di Kuansing dan telah diambil swabnya. Hasilnya menunggu kepastian dari Labkes biomolekuler RSUD Arifin Ahmad.


Tulis Komentar