Riau

Ditemukan Kasus Positif dari Luar, Walikota Firdaus Minta Warga Pekanbaru Tetap Waspada

Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT.

GILANGNEWS.COM - Kasus positif virus Corona atau Covid-19 di Kota Pekanbaru sudah landai. Tapi, masih ada ditemukan kasus, meski tidak lagi transmisi lokal.

Menanggapi itu, Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengimbau dan mengingatkan warga agar tetap waspada. Menurutnya, kewaspadaan harus ditingkatkan dengan cara disiplin mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

"Meski sejak PSBB berakhir sampai saat ini tidak ada kasus baru dari warga lokal, namun kasus yang dibawa dari luar masih kita temukan. Ada tiga kasus baru dan semuanya impor. Pertama dibawa dari Natuna, kedua dari Batam dan ketiga dari Bandar Lampung," kata Walikota, Rabu (17/6/2020).

Lanjutnya, kewaspadaan harus terus dilakukan dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan terutama menggunakan masker dan menghindari pusat-pusat keramaian. Physical distancing juga harus menjadi suatu kewajiban dilakukan oleh warga dan semua pihak.

"Kemudian jangan sentuh sembarang benda saat kita berada di tempat ramai. Di manapun, kapan pun, kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena hanya dengan siplin kita bisa terhindar dari covid," tegasnya.

Walikota juga minta peran RT RW dalam mengawasi pergerakan warga di lingkungan masing-masing. Pondasinya adalah sistem keamanan lingkungan atau Siskamling terpadu Covid-19.

"Karena pak RT dan RW, melalui Siskamling inilah mereka bisa mengontrol, mengetahui masyarakat yang keluar masuk," jelasnya.


Tulis Komentar