Riau

Pemakaman Khusus Covid-19 di Pekanbaru Sudah Terisi 89 Jenazah

GILANGNEWS.COM - Tempat Pemakaman Umum (TPU) Palas yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru khusus untuk pemakaman korban Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sudah terisi puluhan jenazah.

"Sampai hari ini kita makamkan sekitar 89 jenazah, tapi mana yang positif Covid atau PDP kita kurang tahu. Tapi kemarin saat dimakamkan berstatus PDP," cakap Kepala Bidang (Kabid) Pra Sarana, Saranan dan Utilitas Umum (PSU) Dinas Perkim, Martin, Selasa (07/07/2020).

Martin yang ditemui di Kantor DPRD Pekanbaru ini menerangkan TPU Palas sendiri memiliki lahan seluas sepuluh hektare, dan dipisahkan dua hektare untuk pemakaman khusus korban Covid-19.

"Sengaja diletakkan di paling ujung karena salah satu syarat pemakaman untuk korban Covid adalah jauh dari pemukiman penduduk," jelasnya.

Untuk para pekerja galian sendiri selalu berada di lokasi TMP, dan seluruh pekerja galian sendiri berasal dari Dinas Perkim. "Ada dari THL dan ada juga dari ASN," jelasnya.

Terkait dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan oleh pekerja untuk pemakaman korban Covid-19, Martin menerangkan bahwa pihaknya selama ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan juga BPBD Kota Pekanbaru.

"Kalau ada kebutuhan APD kita minta sama mereka (Dinkes dan BPBD) Kota Pekanbaru," pungkasnya.


Tulis Komentar