Riau

Bertambah Dua, Satu Pasien Positif Covid-19 di Rohil Merupakan Tenaga Medis

Juru bicara gugus tugas Covid-19 Rohil Ahmad Yusuf.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bertambah dua kasus. Dengan demikian hingga saat ini di Rohil sudah terdapat tiga kasus positif corona.

Juru bicara gugus tugas Covid-19 Rohil Ahmad Yusuf kepada awak media, Rabu (29/7/2020) mengatakan, penambahan dua kasus positif Covid-19 tersebut berasal dari Bagan Batu.

"Pasien kedua atas nama ARV (6) warga Balai Jaya dan pasien ketiga adalah SS (27)," cakapnya.

Ahmad Yusuf menerangkan, satu pasien positif Covid-19 atas nama ARV merupakan saudara dari pasien positif pertama Covid-19 Rohil yakni WS (37). Sementara SS merupakan salah satu tenaga kesehatan bagian IGD di salah rumah sakit swasta yang ada di Bagan Batu.

Loading...

"Kebetulan RVS ini dengan pasien yang pertama atas nama WS masih ada hubungan keluarga, sementara SS merupakan tenaga kesehatan," paparnya.

Ditemukan dua kasus positif Covid-19 tersebut merupakan hasil tracing contact yang dilakukan terhadap 64 orang dari kasus pasien positif Covid-19 pertama.

"Dari hasil tracing contact ini pada tanggal 22 yang lalu dan keluar hasilnya pada tanggal 27 terkonfirmasi lagi positif 2 orang, sehingga kasus Rohil menjadi tiga," jelasnya.

Untuk kasus SS yang merupakan tenaga medis kata Ahmad, tentu memiliki kontak lebih banyak. Dan saat ini penelusuran kontaknya terus dilakukan oleh pihak Puskesmas.

"Karena beliau adalah tenaga medis tentu kontaknya diperkirakan lebih banyak dari kemarin. Saat ini sudah dilakukan penelusuran oleh teman-teman Puskesmas dan sebanyak 112 orang diperkirakan kontak dengan pasien SS," katanya.

Dari 112 orang yang diperkirakan kontak tersebut, sebanyak 98 orang telah dilakukan pengambilan swab pada hari kemarin dan sisanya dilanjutkan hari ini.

"Untuk sementara rumah sakit tersebut tidak diperbolehkan menerima pasien kecuali yang memang sudah dirawat di dalam sesuai waktu yang ditentukan," sebutnya.

Ahmad Yusuf menambahkan, pasien pertama Covid-19 Rohil saat ini telah dinyatakan negatif sesuai dengan hasil swab yang kedua dan sudah boleh dipulangkan.

"Kami baru dapat informasi, menurut dokter ahli pasien ini sudah boleh dipulangkan karena terkonfirmasi negatif dan sudah dinyatakan sembuh oleh dokter ahli. Tapi saat ini memang masih diisolasi di Puskesmas Bagan Batu," jelasnya.

Dengan bertambahnya kasus positif Covid-19 di Rohil, Ahmad Yusuf mengingatkan masyarakat agar terus berhati-hati dan melakukan pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

"Jaga jarak, pakai masker dan sering-sering cuci tangan. Patuhi segala protokol kesehatan," pungkasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar