Riau

Retribusi Sampah di Pekanbaru Meningkat

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Sebulan terakhir penerimaan retribusi sampah di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru meningkat. Ada peningkatan Rp100 juta di bulan Juli lalu.

Kepala DLHK Kota Pekanbaru Agus Pramono mengatakan, pada Januari hingga bulan Juni lalu, rata-rata penerimaan retribusi sampah berkisar Rp300 juta hingga Rp400 juta.

"Bulan Juli kita dapat Rp590 juta. Untuk Agustus hingga tanggal 14 kemarin, sudah Rp280 juta," kata Agus, Sabtu (15/8/2020).

Saat ini penarikan retribusi sampah diserahkan kembali ke DLHK. Sebelumnya, penarikan retribusi sampah dipercayakan kepada Lembaga Keswadayaan Masyarakat Rukun Warga (LKM-RW).

Capaian yang diterima bulan Juli lalu diakuinya belum sepenuhnya berasal dari 763 titik atau tempat yang pernah dipungut LKM-RW. Sebab, kata Agus, masih ada oknum yang menghalangi petugas DLHK mengambil retribusi sampah di lingkungan masyarakat.

Ia juga mengapresiasi masyarakat yang telah membayar retribusi ke petugas DLHK. Sehingga, ada peningkatan penerimaan retribusi sejak awal Juli lalu.

"Saya pikir berkat partisi masyarakat dan memang kewajiban membayar retribusi. Uang itu juga diputar untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Bukan dipegang oleh Agus Pramono," jelasnya.


Tulis Komentar