Riau

Sakit Autoimun dan Gagal Ginjal, Yola Delfia Butuh Uluran Bantuan

Sakit Autoimun dan Gagal Ginjal, Yola Delfia Butuh Uluran Bantuan

GILANGNEWS.COM - Yola Delfia (19 Tahun) hanya bisa terbaring akibat penyakit autoimun yang dideritanya. Kondisinya diperparah gagal ginjal, sehingga terjadi pembengkakkan di perut serta bekas operasi di kaki yang belum mengering.

Akibat gagal ginjal, Yola harus cuci darah dua kali dalam seminggu.

Sudah satu tahun penyakit yang diderita anak pertama dari pasangan Yuliza Hartati, sehingga Yola tidak bisa berjalan dan beraktivitas seperti biasa.

Untuk pengobatan, BPJS menanggung cuci darah dan pengobatan lainnya, tapi tidak semua terapi yang dibutuhkan, ditambah Yola dirawat di rumah.

Pandemi Covid-19 yang menyebabkan perekonomian masyarakat terpuruk, juga berdampak terhadap keluarga Yuliza.

“Untuk makan saja dibantu oleh tetangga, biasanya saya berjualan minuman di depan kampus. Namun akibat wabah Covid-19, mahasiswa tidak kuliah dan saya tidak dapat berjualan. Tentu saya tidak dapat penghasilan apa-apa. Listrik dan sewa rumah juga kami sudah menunggak beberapa bulan,” kata Yuliza Hartati.

Untuk pergi berobat, biasanya tetangga silih berganti untuk membantunya. Baik dalam peminjaman mobil maupun mengantar untuk ke rumah sakit.

Warga jalan Cipta Karya, Gang Lengkepe Blok B No.2 Kota Pekanbaru itu keluarga kurang mampu. Kondisinya yang memprihatinkan tersebut mengundang keprihatinan sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi (STIFAR) Riau.

Mereka melakukan aksi nyata dengan cara menggalang dana, dengan harapan bisa meringankan biaya pengobatan Yola dan memberikan support untuk kesembuhannya.

Pihak keluarga sangat berharap adanya perhatian pemerintah, khususnya pemerintah provinsi Riau maupun Pemko Pekanbaru dan masyarakat yang punya rezeki lebih.


Tulis Komentar