Riau

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemko Pekanbaru Siapkan Rumah Sehat

Ayat Cahyadi.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah mempersiapkan segala bentuk fasilitas untuk mengantisipasi jika jumlah angka masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 semakin meningkat di Kota Pekanbaru.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menuturkan per hari Selasa (25/8/2020) jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi Covid-19 di Pekanbaru mencapai angka 482.

"Antisipasi kita sudah menyiapkan rumah sehat di Rusunawa, mudah-mudahan ini tidak terpakai walaupun sudah kita siapkan," cakap Ayat seusai hadiri rapat paripurna di DPRD Pekanbaru, Selasa (25/8/2020).

Selain itu, Pemko Pekanbaru juga mengingatkan agar seluruh Puskesmas untuk selalu mengontrol masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri. Baik itu masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah maupun di hotel.

Ayat juga membeberkan hingga saat ini ada sekitar 350 masyarakat yang terjaring razia protokol kesehatan yang dilakukan oleh tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Pekanbaru, yang mana diantaranya 330 masyarakat lebih memilih menjalankan sanksi sosial dan sisanya lebih memilih membayarkan denda.

"Satpol PP juga sudah mengirimkan surat ke perusahaan, perkantoran serta pusat perbelanjaan untuk menjalankan protokol kesehatan agar menerapkan protokol kesehatan. Jika nanti tim Satgas Covid-19 Pekanbaru turun ke lapangan dan ditemui tidak menjalankan protokol kesehatan siap-siap akan dikenai denda," tegasnya.

Ayat juga membantah kritikan yang dikeluarkan oleh masyarakat bahwa tim Satgas Covid-19 hanya menyasar masyarakat yang berada di jalan dan melupakan tempat usaha atau pusat perbelanjaan, Ayat menegaskan bahwa Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru nomor 130 tahun 2020 berlaku untuk semua.

"Ini karena keterbatasan personel jadi belum bisa menyasar ke segala penjuru," pungkasnya.


Tulis Komentar