Riau

Kabur, Residivis Perampas Sepeda Motor Warga Didor Polisi

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Tim Opsnal Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Pekanbaru membekuk seorang pelaku perampasan sepeda motor berinisial DPB alias Dedi (24). Pelaku terpaksa ditembak di kaki karena kabur ketika ditangkap.

Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya mengatakan, tersangka merupakan residivis kasus pengeroyokan dan pencurian dengan kekerasan dengan modus begal. Ia baru keluar dari penjara pada Mei 2020 dan kembali melakukan tindak pidana.

Tersangka diamankan pada Sabtu (5/9/2020). "Ditangkap saat akan menjual sepeda motor (hasil curian)," ujar Nandang.

Dijelaskan, aksi perampasan sepeda motor dilakukan tersangka pada Rabu (5/8/2020) lalu. Korbannya adalah Ilham, warga Jalan Cipta Karya, Gang Lengkape, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tampan.

Ketika itu, korban sedang nongkrong bersama temannya dan didatangi tersangka. Sambil membawa golok tersangka mengancam korban dan merampas sepeda motor korban.

Korban yang ketakutan, pasrah ketika sepeda motor miliknya beralih tangan. Tidak lama setelah itu, korban melapor ke Polresta Pekanbaru.

Mendapat informasi itu, tim Opsnal langsung melakukan penyelidikan. Setelah diketahui identitas pelaku, anggota Opsnal melakukan penyamaran sebagai pembeli sepeda motor.

Disepakati kalau transaksi dilakukan di Jalan Pemuda, di depan gerai Indomaret pada Sabtu (5/9/2020). Tersangka juga sepakat membawa sepeda motor merek Honda Beat warna hitam yang akan dijualnya.

Ketika transaksi, anggota Opsnal menanyakan surat-surat resmi kendaraan yang dijual tapi tersangka tidak bisa menunjukkannya. Melihat gerak-gerik anggota Opsnal, tersangka jadi curiga dan melarikan diri.

Petugas memberikan tembakan peringatan ke udara tapi tersangka tidak menghiraukannya. Ia tetap kabur hingga petugas terpaksa melepas tempakan terukur ke arah kaki pelaku.

Setelah itu, tersangka dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara, Jalan Kartini, untuk mendapat perawatan medis. "Tersangka diberi tindakan medis sedangkan sepeda motor diamankan ke Mapolresta," kata Nandang.


Tulis Komentar