Riau

Pelaku Ganjal Kartu ATM Beberkan Cara Mereka Beraksi, Begini Modusnya

Loading...

GILANGNEWS.COM - Masyarakat harus tetap waspada saat mengambil uang melalui mesin ATM, banyak cara yang dilakukan oleh pelaku tindak kejahatan agar bisa mengganjal kartu ATM milik orang lain.

Polsek Tampan yang beberapa hari lalu menangkap 2 pelaku tindak kejahatan mengganjal kartu ATM berinisial WAP (30) dan HM (28), membeberkan cara mereka beraksi menguras tabungan korban.

Modusnya slot tempat masuk kartu ATM sudah diganjal oleh pelaku, tentu kartu itu akan tersangkut dan tidak bisa dikeluarkan lagi.

Ketika korban terdeteksi, pelaku HM yang bertugas melakukan pemantauan akan mengabari rekannya WAP, untuk melakukan eksekusi.

Loading...

Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita mengatakan bahwa pelaku WAP akan menawarkan diri untuk menolong korban untuk mengeluarkan kartu ATM yang tersangkut.

"Korban akan diarahkan untuk melakukan transaksi sesuai dengan keinginan korban, jika korban ingin mengambil uang, maka diarahkan sebagaimana langkah-langkah untuk pengambilan uang," jelas Ambarita, Sabtu (12/9/2020).

Cara tersebut digunakan pelaku, agar bisa mengetahui nomor PIN dari kartu ATM milik korbannya, setelah transaksi pengambilan uang berhasil, kartu ATM tetap tidak bisa keluar karena sudah diganjal dari awal.

"Setelah ditinggalkan korban, pelaku ini akan mengambil kartu ATM yang tersangkut tersebut dan langsung membawa kartu ke gerai ATM lainnya untuk melakukan penarikan dengan PIN ATM yang sudah diketahui," jelasnya.

Kedua pelaku ini ternyata sudah beraksi di 7 TKP yang berbeda-beda, yang mana terakhir kali beraksi, mereka berhasil mengambil uang dari ATM korbannya sebanyak Rp16 Juta.

"Otak dari tindak kejahatan ini adalah pelaku WAP dan sedangkan pelaku HK sebagai anak buahnya. Dulu WAP ini berduet dengan rekan seniornya, karena sudah mahir WAP bersolo karir dan merekrut HK sebagai anggotanya," jelas Ambarita.

"WAP dulunya pion, dikarenakan bagi hasilnya kecil dan sudah belajar dari rekan sebelumnya dan rekrut anggota baru. Saat bersama HK ini, pelaku WAP lebih bisa menikmati pembagian uang yang lebih besar," pungkasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar