Riau

Pekanbaru Urutan Ketiga Kasus Aktif Pasien Virus Corona di Indonesia, Ini Datanya

Ilustrasi.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Kota Pekanbaru berada di urutan ketiga kasus aktif pasien Virus Corona di Indonesia. Ada 12 kabupaten dan kota yang memiliki kasus tertinggi di atas seribu kasus.

Berdasarkan data itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar rapat dengan jajaran Pemerintah Provinsi Riau. Ada beberapa poin yang menjadi perhatian agar angka penularan Covid-19.

Salah satunya dengan menyiapkan Peraturan Walikota (Perwako) untuk menangani pasien Covid-19 terutama untuk yang kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Perwako ini nantinya akan memaksa OTG untuk isolasi di tempat atau fasilitas yang disediakan pemerintah daerah.

"Kalau mereka isolasi mandiri di rumah, dengan ketentuan rumahnya layak untuk isolasi. Seperti anak tidak ramai, tidak bergaul dengan keluarga dan ada toilet di kamar. Petugas puskesmas bisa mengontrol keadaannya. Diisolasi di fasilitas pemerintah akan dibantu," kata Gubernur Riau Syamsuar, kemarin.

Loading...

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil SAg MAg MSi mengatakan, Perwako itu nantinya juga akan mengatur bagaimana Pemko memberikan bantuan kepada keluarga pasien. Pemerintah akan membantu kebutuhan hidup keluarga di rumah.

"Jika warga tidak mau karena memikirkan keluarganya, kepala puskesmas bisa berkoordinasi dengan camat agar keluarganya bisa mendapatkan bantuan dari Dinas Sosial kita," kata Jamil.

Berikut daftar 12 kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki kasus aktif Corona di atas 1.000 kasus per 11 Oktober 2020.

1. Jakarta Timur: 2.600 orang

2. Jakarta Selatan: 2.439 orang
3. Kota Pekanbaru: 2.330 orang
4. Jakarta Barat: 2.248 orang
5. Jakarta Pusat: 2.009 orang
6. Kota Padang: 1.855 orang
7. Kota Jayapura: 1.751 orang
8. Kota Bekasi: 1.688 orang
9. Kota Depok: 1.606 orang
10. Bogor: 1.374 orang
11. Jakarta Utara: 1.194 orang
12. Kota Ambon: 1.126 orang


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar