Legislator

Ditengah Rintik Hujan, Dua Wakil Rakyat ini Langsung Turun ke Lokasi Titik Banjir, Ini Solusinya

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama bersama anggota DPRD Pekanbaru Victor Parulian menyusuri titik banjir di Jalan Lokomotif Selasa (3/11/20)
Loading...

PEKANBARU- Hujan lebat yang mengguyur Kota Pekanbaru, Selasa malam (3/11/2020) lalu, ternyata membuat banjir sejumlah pemukiman warga. Seperti yang dialami warga Jalan Lokomotif Gg Lokomotif  Kelurahan Tj Rhu, Kecamatan Lima Puluh Pekanbaru. 

Belasan rumah warga dimasuki air akibat hujan lebat tersebut. Situasi ini sudah dialami warga sejak beberapa tahun belakangan ini. Air masuk ke rumah warga, air kiriman dari Jalan Kuantan Raya yang turun ke parit Jalan Lokomotif. 

Untuk melihat kondisi yang dialami warga tersebut, Wakil Ketua DPRD Ginda Burnama bersama Anggota Fraksi PDI-P DPRD Victor Parulian langsung turun kelapangan ditengah hujan gerimis masih membasahi, dua wakil rakyat ini bersama masyarakat  berhujan hujanan menelusuri aliran anak sungai untuk melihat dimana tersumbatnya saluran air sungai tersebut.

" Dari tinjauan kita di lapangan bersama warga ternyata  debit air yang jatuh ke parit, tak mampu menampung air hujan yang begitu besar. Makanya air keluar dari parit dan masuk ke rumah warga. Kalau hujan lebat maka sekitar 30 cm masuk ke rumah, " kata warga RT 03/RW 04, Rosma di hadapan anggota dewan. 

Loading...

Air masuk ke rumah warga ini baru bisa surut beberapa jam setelah hujanl. Bahkan sebagian rumah warga lain, terpaksa menguras air menggunakan mesin robin. 

"Begini lah nasib kami kalau musim hujan. Tak bisa tidur. Nguras air, sampai kering," tambahnya. Kondisi ini diharapkan warga, ada solusinya. Karena tak tahan lagi seperti ini. 

Sebab, sudah berapa kali persoalan ini dilaporkan ke kelurahan dan OPD terkait, tapi belum ada action nyata. "Dengan turunnya Pak Dewan sekarang ini, setidaknya bisa memberi secercah harapan kepada kami. Karena jumlah jiwa yang ada di sini sekitar seribuan warga," sebutnya. 

Wakil Ketua DPRD Ginda Burnama yang turun langsung ke lokasi banjir mengaku, sangat miris dengan kondisi warga yang selalu menjadi langganan banjir. Padahal, jika dicarikan solusinya, parit tersebut bisa dilakukan pengerukan, yang disinyalir makin dangkal. 

"Persoalan banjir ini sudah saya lihat langsung dan saya sedih melihatnya. Tentu ini menjadi aspirasi prioritas kami di DPRD. Sehingga nanti bisa kami komunikasikan ke OPD terkait. Yang jelas, akan kita carilah solusinya, " tegasnya.

Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru Victor Parulian, yang juga turun ke lokasi menegaskan, bahwa aspirasi warga Jalan Lokomotif Kelurahan Tj Rhu ini, menjadi PR dirinya bersama rekan-rekannya di DPRD untuk direalisasikan. 

"Persoalan seperti ini harus kami selesaikan. Paling tidak bertahap hingga nantinya bisa selesai sampai tuntas, " katanya. 

Tak sampai di sini, dua wakil rakyat ini juga melihat daerah rawan banjir di Perumahan Aura di Jalan Indrapuri Tenayan Raya. Di perumahan ini, dua anggota dewan tersebut bersama warga, berkeliling melihat titik banjir dan air mengenang hingga masuk rumah warga. 

"Kami di perumahan ini meminta, agar drainase di sini bisa diperbaiki. Termasuk membangun semenisasi jalan di pemukiman Aura ini, " kata pemuka masyarakat Perumahan Aura, Harun di hadapan anggota dewan, setelah sekitar satu jam-an berkeliling perumahan.

Bak gayung bersambut permintaan warga ini langsung mendapatkan respon positif dari Ginda Burnama, " Untuk penggalian parit di lokasi perumahan Aura insyallah dalam waktu dekat kita akan koordinasi dengan dinas PUPR untuk melakukan normalisasi parit dengan cara menurunkan alat berat, sedangkan untuk semenisasi tahun ini akan langsung kita masukkan dalam anggaran murni tahun 2021" tutur Ginda.***


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar