Riau

Pandemi Covid-19 Pengaruhi Tingkat Kemiskinan di Riau, Wagub: Perlu Upaya dan Terobosan Serius

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution.

GILANGNEWS.COM - Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution mengatakan, pandemi Covid-19 mempengaruhi tingkat kemiskinan di Provinsi Riau.

Karena itu, perlu dilakukan upaya dan inovasi untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Bumi Lancang Kuning pada 2021 mendatang.

"Pandemi Covid-19 tentu berpengaruh terdapat tingkat kemiskinan," kata Wagubri Edy Nasution usai pimpin rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan di Provinsi Riau, Senin (14/12/2020) di kantor Bappedalitbang Riau.

Sebab menurut Wagubri dengan kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini, perekomian masyarakat sangat terpengaruh (menurun), sehingga mempengaruhi tingkat kemiskinan di Riau.

Lebih lanjut Wagubri mengatakan, namun jika kondisi tersebut cepat diatasi dengan upaya-upaya dan inovasi yang serius, maka tidak menutup kemungkinan masyarakat bisa keluar dari kondisi tersebut.

"Kalau tidak ada suatu upaya, terobosan dan inovasi, maka kita akan sulit keluar dari kondisi seperti ini," ujar Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Provinsi Riau ini.

Edy Nasution menyatakan, namun upaya untuk mengentaskan kemiskinan itu perlu dilakukan sinergi semua pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat sendiri.

"Kita sudah beberapa kali melakukan rapat koordinasi dengan kabupaten/kota membahas upaya mengentaskan kemiskinan di Riau. Alhamdulillah responnya cukup baik, dan itu kunci sistem penanggulangan kemiskinan. Sehingga monitoring dan evaluasinya bisa bagus," jelasnya.

"Dan Alhamdulillah tingkat kemiskinan di Riau lebih rendah dari nasional, meskipun belum bisa dikatakan baik. Namun upaya harus dilakukan terus menerus," cakapnya.


Tulis Komentar