Riau

PON XX Papua Resmi Digelar 2 Oktober, Riau Target Sepuluh Besar Nasional

PON XX PAPUA

GILANGNEWS.COM - Pekan Olahraga Nasional ke XX di Papua telah ditetapkan 2-15 Oktober 2021 oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka  Jakarta, Senin, (15/3/2021) kemarin. Dan Presiden Jokowi menginginkan, tidak ada lagi pengunduran jadwal PON.

Meski hanya tinggal enam bulan lagi, KONI Riau mengaku tetap menatap serius PON ini. Bahkan untuk target sendiri, KONI Riau tidak merivisi sesuai target awal, yakni masuk sepuluh besar. 

"Kalau melihat persiapan kita sekarang, target tetap seperti awal, masuk sepuluh besar. Bahkan bisa mempertahankan prestasi PON di Jabar Tahun 2016 lalu," kata Ketua KONI Riau Emrizal Pakis, Selasa (16/3/2021).

Sekadar gambaran, Riau pada PON di Jabar 2016 lalu, sukses finis di peringkat 7 nasional klasemen akhir. Perolehan medalinya 18 emas 26 perak dan 27 perunggu. 

Pada PON XX di Papua, Riau masih optimis bisa bertahan di peringkat 7, atau paling maksimal bisa finis di peringkat 8 nasional. 

Alasannya, kata Emrizal, kontingen Riau bisa mematok target peringkat 7 atau 8 tersebut, karena Papua yang pada PON 2016 lalu, finis di peringkat 8. Dipastikan pada PON XX, selaku tuan rumah, Papua bisa dipastikan naik peringkat. 

"Yang ingin kita salib dan itu berpeluang yakni Bali. Tim Bali pada PON 2016, berada di peringkat 6, raihan medali 20 emas 21 perak dan 35 perunggu. Kan beda 2 emas dari kita Riau. Ini lah sedikit gambaran kekuatan kita untuk PON XX di Papua nanti," terang Emrizal lagi. 

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa para atlet Riau kini sedang melakoni TC Berjalan di beberapa daerah di Riau. TC Berjalan ini akan berlangsung hingga Agustus mendatang. 

Jumlah atlet Riau yang lolos di PON XX Papua nanti, sebanyak 175 atlet dengan 96 pelatih. 


Tulis Komentar