Pekanbaru

Sukses Dalam Pengembangan Kota, Solok dan Sijunjung Akan Contoh Pekanbaru

Walikota Pekanbaru Firdaus MT bersama Walikota Solok foto dengan Kepala OPD Pemko Pekanbaru dan Pemko Solok, di agro wisata Batu Patah Payo, Solok, Senin (5/4/2021).
Loading...

GILANGNEWS.COM  - Predikat kota terbaik tingkat nasional untuk perizinan, dan menjadi rule model nasional, membuat Kota Pekanbaru dijadikan percontohan bagi kabupaten/kota di Indonesia. Terutama di zona Sumatera. 

Seperti halnya dua daerah di Sumatera Barat (Sumbar), Kota Solok dan Kabupaten Sijunjung. Dua daerah ini benar-benar ingin belajar dari Pemko Pekanbaru, dalam hal perizinan, serta menatakelola kependudukan. 

Kondisi tersebut, mengharuskan Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Sekko M Jamil serta sejumlah kepala OPD, menggelar road show ke dua daerah tersebut, guna berbagi ilmu tentang pengelolaan pemerintahan yang baik

"Ya, kita datang ke Solok dan Sijunjung awal pekan kemarin, untuk mentransfer ilmu yang sudah kita terapkan di Kota Pekanbaru. Mereka ingin belajar. Kebetulan saya kan Ketua Apeksi untuk Korwil I," kata Walikota Pekanbaru Firdaus MT, Jumat (9/4/2021). 

Loading...

Dalam kunjungan tersebut, juga dilaksanakan penandatangan MoU, antara Pemko Pekanbaru dengan Pemko Solok dan Pemkab Sijunjung. Dalam kesepahaman tersebut, beberapa kegiatan terkait sister city yang membuat Pekanbaru sebagai kota percontohan bagi Kota Solok dan Kabupaten Sijunjung. 

Walikota Pekanbaru Firdaus MT membocorkan trik dan tips bagaimana membangun kota. Selain itu, Firdaus juga menyebutkan nota kesepahaman ini membuka jalan bagi kemajuan dan simbiosis mutualisme, guna pembangunan kedua belah kota. 

"Sebagai bentuk kegiatan ini, sama saja dengan membangun kedua kota untuk lebih maju. Sama dengan semangat kita, membangun kota yang Madani. Ditambah lagi hubungan kedua masyarkaat juga sangat erat. Semoga kita sama-sama maju dan berkembang," harapnya.

Dijelaskannya, Kota Pekanbaru bisa seperti sekarang, karena semua elemen bekerja dengan sistem, bekerja dalam suatu kelompok dan bekerja super tim. Sehingga pemerintah yang melayani ada ukurannya, yakni lebih dekat, cepat, murah dan lebih baik. 

Walikota Solok Zul Elfian Umar Dt Tianso menyambut gembira penandatangan MoU tersebut. Sebab, dengan kerjasama ini, Kota Solok yang kecil ini bisa lebih baik ke depan. Bahkan, dia tidak sungkan menyebut Walikota Pekanbaru Firdaus MT, sebagai sosok kepala daerah panutan, yang berhasil membangun suatu daerah. 

"Alhamdulillah, Allah yang mengirim Walikota Pekanbaru Firdaus MT untuk membantu Kota Solok untuk mewujudkan kota Madani ini. Solok memang kota kecil, tapi kami akan menjadi kota harapan sebagaimana Kota Pekanbaru metropolitan," kata Zul Elfian Umar Dt Tianso SH MSi di rumah dinasnya di Kota Solok, Senin (5/4/2021) kemarin. 

Diakui Zul Elfian, Pemko Solok sangat kagum dengan perkembangan Kota Pekanbaru. Bahkan, dia tidak segan menyebutkan dan mendoakan Pekanbaru benar-benar menjadi The Capital City of Sumatera. Sebagai contoh, dalam pengelolaan kebijakan pemerintah, Pemko Pekanbaru sudah menonjolkan pembangunan yang Madani. 

Sementara itu, Bupati Sijunjung Benny Dwifa mengaku senang, dengan kehadiran Walikota Pekanbaru Firdaus ke daerahnya. Banyak ilmu dan pengalaman pemerintahan, yang harus diambil dari sosok Walikota Pekanbaru Firdaus MT. 

"Ini kunjungan kehormatan bagi kami. Karena kami yang ingin mencontoh Kota Pekanbaru, agar Sijunjung berkembang. Apalagi di sini banyak potensi yang belum dikembangkan, untuk PAD," akunya. ***


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar