Pekanbaru

DPRD Minta Pelaku Aktivitas Penambangan Pasir Ilegal di Sungai Sail Ditindak

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono.

GILANGNEWS.COM - Sungai Sail di Kota Pekanbaru tidak lagi mampu menampung volume air ketika hujan mengguyur daerah tersebut. Akibatnya daerah aliran sungai kerap dilanda banjir.

Tak hanya soal banjir, kondisi air sungai juga terlihat semakin keruh. Hal ini akibat adanya aktivitas penambangan pasir secara ilegal di bagian hulu.

Terkait hal itu Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Sigit Yuwono meminta menindak aktivitas penambangan pasir ilegal di Sungai Sail tersebut.

"Sungai Sail saat ini kondisinya sudah sangat riskan, kalau dilihat ada pulau-pulau di tengah sungai," kata Sigit, Senin (5/7/2021).

Politisi Demokrat ini menegaskan Pemko Pekanbaru jangan terlalu berharap yang tidak pasti dari Kementerian PUPR maupun dari Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) untuk melakukan pengerokan sungai Sail.

Menurutnya jika Pemko Pekanbaru hanya menunggu yang tidak pasti, Sigit mengatakan lama kelamaan Pekanbaru akan hanyut terbawa banjir.

"Pemko harus berani bertindak untuk turun langsung, Pemko juga harus mencari tahu dari mana galian pasir ini berada dan jangan hanya menerima laporan dari bawahan saja," tegasnya.

Sebelumnya Walikota Pekanbaru Firdaus menyebut, pelaku kucing-kucingan dengan petugas saat menambang pasir di hulu sungai.

"Tambang pasir sebenarnya sangat dilarang. Tetapi tidak bisa juga kita cegah karena mereka kucing-kucingan sama tim yustisi kita," kata Walikota, Senin (28/6/2021).

Ia menjelaskan, tambang pasir liar ini menyebabkan pendangkalan di sungai. Kata dia, saat bukit-bukit kecil di sekitar sungai dikeruk untuk penambangan, lumpurnya mengalir ke sungai dan menjadi sedimen.

Ia menyebut, sudah meminta agar Dinas PUPR Kota Pekanbaru untuk melakukan pengerukan atau normalisasi sungai tersebut. Apalagi dangkalnya sungai ini menjadi salah satu faktor banjir besar yang terjadi di pemukiman warga sekitar Maret lalu.

"Sudah kita minta kepada PUPR agar melakukan pengerukan berkoordinasi dengan balai sungai," jelasnya.


Tulis Komentar