Pekanbaru

BMKG Catat Lonjakan Hotspot di Riau, Terpantau 83 Titik

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Titik panas atau hotspot di Provinsi Riau semakin melonjak. Hari ini saja Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat adanya 83 titik panas, Sabtu (24/7/2021).

"Hari ini memang terjadi lonjakan titik panas di Riau. Kemarin terpantau 70 titik dan hari ini terpantau 83 titik. Ada kenaikan 13 titik panas," ujar Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Sanya Gautami, Sabtu (24/7/2021).

Ia mengatakan 83 titik panas tersebut tersebar 11 wilayah dengan sebaran terbanyak itu di Kabupaten Rokan Hilir yakni mencapai 51 titik panas.

"Selanjutnya adalah Pelalawan dan Siak masing-masing 6 titik, kemudian Rokan Hulu 5 titik, Kepulauan Meranti 4 titik, Indragiri Hulu sebanyak 3 titik, Indragiri Hilir, Dumai dan Kampar masing-masing 2 titik, kemudian Bengkalis dan Kuantan Singingi masing-masing 1 titik," cakapnya.

Dari jumlah tersebut, 6 titik diantaranya adalah titik api. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"Keenam titik tersebut berada di Kabupaten Indragiri Hulu tepatnya di Kecamatan Batang Cenaku sebanyak 2 titik dan 4 titik lainnya berada di Kecamatan Rokan Hilir tepatnya di Kecamatan Kubu," sebutnya.

Sementara 77 titik lainnya berada di level rendah dan sedang. Rinciannya 12 titik di level rendah dan sisanya berada di level sedang.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 °C dengan kelembapan udara 50 – 96 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Tenggara – Barat Daya /dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (rendah). 


Tulis Komentar