Pekanbaru

8.232 Vial Vaksin Masuk di Pekanbaru, Dinkes Langsung Mendistribusikan

Plt Kepala Diskes Pekanbaru, dr Arnaldo Eka Putra SpPD

PEKANBARU- Kota Pekanbaru kembali mendapatkan vaksin tambahan, Senin (30/8/2021) sebanyak 8.232 vial. Jumlah ini terdiri dari vaksin Coronavac 7800 vial, dengan satu vialnya dua dosis, lalu vaksin Astra Zeneca 432 vial, dengan satu vialnya delapan dosis. 

Plt Kepala Diskes Pekanbaru, dr Arnaldo Eka Putra SpPD membenarkan tambahan vaksin untuk hari ini. 

Vaksin yang masuk ini, sudah didistribusikan ke seluruh centra vaksin,  serta organisasi masyarakat dan swasta, sebanyak 4000 vial, serta tersisa vaksin sekitar 3000 vial lagi. 

"Ini akan didistribusikan ke fasilitas pelayanan kesehatan, baik primer maupun rujukan. Untuk vaksin moderna dan sinovac sampai saat ini belum masuk lagi," terangnya. 

Sampai saat ini, tambah Arnaldo, Kota Pekanbaru belum mendapatkan permintaan vaksin, sesuai yang diminta dalam rangka percepatan vaksinasi untuk herd immunity masyarakat Pekanbaru. 

Vaksin yang sampai ke Pekanbaru datang bertahap, dan belum dibuka untuk vaksin massal. 

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa persentase masyarakat Kota Pekanbaru yang sudah divaksin tersebut, baru 42 persen tersalurkan. "Baru 42 persen yang sudah divaksin," sebutnya. 

Arnaldo yang juga menjabat sebagai Direktur RSD Madani Pekanbaru mengatakan, bahwa saat ini belum lagi membuka layanan vaksin massal seperti sebelumnya. Hanya saja, ketika masyarakat ingin vaksin secara person, bisa mendatangi fasyankes primer maupun rujukan.

"Harapan kami nanti, semua fasyankes sudah terima vaksin itu, memang tidak sesuai dengan yang diharapkan," tambahnya.

Arnaldo menjelaskan lagi, pada pekan lalu sudah masuk vaksin moderna sebanyak 1340 vial. Kegunaannya langsung untuk vaksin 1 dan 2, vaksin dua disimpan untuk yang sudah vaksin satu. 

Begitu juga untuk sinovac, ada distok untuk vaksin kedua sentra - sentra organisasi . "Untuk vaksin massal, kita masih menunggu vaksin dengan jumlah yang kita minta ke Provinsi (Pemprov Riau), " jelas Arnaldo. ***


Tulis Komentar