Nasional

Penjelasan Satgas Covid-19, Tentang PPKM Yang Bertahap

Klaster Covid-19 di Perkantoran. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

GILANGNEWS.COM - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas), Sonny Harry B Harmadi, menjelaskan alasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilakukan secara bertahap oleh pemerintah. Ada sejumlah indikator yang menjadi acuan.

"Yang paling utama memang bagaimana melihat dinamika yang terjadi di lapangan, dalam penanganan Covid-19 itu sendiri," kata Sonny. Demikian dilansir dari Antara melalui telepon di Jakarta, Senin (30/8).

Beberapa indikator di lapangan menjadi bahan pertimbangan perpanjangan masa PPKM. Seperti laju penularan kasus di setiap daerah, respons dari penanganan layanan kesehatan dan juga kondisi sosial ekonomi masyarakat.

"Jadi kita lihat apakah positivity rate nya naik atau turun, terus kemudian respons dari pelayanan kesehatan kita apakah Bed Ocuppancy Ratio (BOR) nya turun, itu diamati dalam satu minggu," tegas dia.

Pemantauan perkembangan indikator-indikator tersebut, dilakukan pihaknya melalui evaluasi setiap satu minggu, untuk menentukan apakah PPKM suatu wilayah perlu diperpanjang serta memberikan tingkatan level pandemi di wilayah itu sendiri atau tidak.

"Jadi (evaluasi) mingguan itu dilakukan, karena dinamika dari penanganan COVID-19 ini memang sangat dinamis," jelas Sonny.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembagian level PPKM akan terus menjadi hal yang relevan. Karena dapat menjadi sebuah acuan suatu daerah dalam menentukan aturan-aturan melakukan aktivitas sosial.

Sonny menjelaskan, bila suatu daerah menginginkan aktivitas-aktivitas sosial yang dilakukan menjadi lebih leluasa dan terbuka, maka daerah tersebut harus bisa menurunkan levelnya ke tingkat level yang lebih rendah.

"Jadi PPKM akan berlaku ya dalam waktu yang lebih panjang. Tapi yang paling penting, setiap daerah paham level di setiap daerahnya masing-masing seperti apa. Kami juga melihat kinerja setiap daerah, sehingga daerah bisa melaksanakan aktivitas sesuai dengan level yang dia terima," kata Sonny.

Ia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan. Meski tingkat vaksinasi sudah cukup tinggi dan jumlah kasus aktif mulai menurun di sejumlah daerah.

"Kita jangan sampai lengah ya. Banyak negara yang begitu dia melonggarkan peraturan terjadi lonjakan kasus. Walaupun vaksinasi sudah tinggi, jadi kita harus tetap berhati-hati," ucap dia.


Tulis Komentar