Nasional

LEGO Luncurkan Edisi Khusus 5 Dinosaurus Terbang

LEGO Edisi Khusus 5 Dinosaurus Terbang

GILANGNEWS.COM - Apabila kalian cukup tertarik dengan dinosaurus, mungkin kalian bisa mencoba untuk menonton Jurassic World. Jurassic World sendiri adalah salah satu film yang bertemakan kehidupan dinosaurus. 

Jika sudah menonton, alangkah baiknya jika kalian mau mengoleksi merchandise dari film yang satu ini. LEGO Jurassic World adalah salah satu merchandise yang bisa kalian koleksi.

Selain harganya tidak terlalu mahal, LEGO juga bisa ditemukan di toko-toko mainan pada umumnya, khususnya di Indonesia.

Membicarakan tentang hal tersebut, di sini kami akan memberikan penjelasan mengenai dinosaurus yang bisa terbang, atau bisa dibilang hidup di udara. Apa saja spesiesnya? Simaklah artikel berikut sampai selesai!

1. Pterosaurus
Pterosaurus memiliki arti kadal bersayap, merupakan vertebrata yang paling awal diketahui memiliki kemampuan untuk terbang yang kuat. Sayapnya dibentuk oleh selaput kulit, otot, serta jaringan lain yang membentang dari ujung kaki-kakinya.

Pterosaurus lebih sering disebut sebagai dinosaurus terbang, walaupun sebenarnya hewan ini tidak termasuk reptil, namun lebih dekat hubungannya dengan burung dibanding biawak, buaya, ataupun komodo, serta reptil lainnya.

Pterosaurus juga sering disebut sebagai Pterodactyl dalam kehidupan sehari-hari, di dalam film misalnya.

2. Jeholornis
Dinosaurus yang satu ini diperkirakan hidup pada 120 juta tahun yang lalu, pada awal periode Cretaceous di China. Burung ini memiliki ekor yang panjang, serta beberapa gigi kecil pada mulutnya. 

Untuk ukurannya, diperkirakan bahwa burung ini memiliki tubuh sebesar ayam kalkun. Burung ini merupakan salah satu unggas terbesar sepanjang zaman. Mereka suka memakan tanaman serta biji-bijian.

3. Dimorphodon
Dinosaurus terbang yang selanjutnya ini bernama Dimorphodon, namanua memiliki arti dua bentuk gigi yang mengacu kepada giginya yang memiliki jenis berbeda pada rahangnya.

Dinosaurus ini memiliki tengkorak yang cukup besar apabila dibandingkan dengan rangka tubuhnya. Lehernya cukup kuat, namun tetap fleksibel dan diperkirakan memiliki kantong membran di bagian bawah.

Dinosaurus ini memiliki panjang tubuh dewasa sekitar satu meter dengan panjang 1,45 meter. Selain itu, ia juga diperkitakan memiliki ekor yang panjang.

4. Rhamphorhynchus
Dinosaurus ini memiliki penampilan yang cukup mengerikan dengan moncong tajam dan melengkung, seperti paruh tanpa gigi. Ia memiliki ekor panjang yang kaku, dan memiliki baling-baling ekor pada ujungnya. Diperkirakan bahwa dinosaurus ini adalah pemakan ikan berdasarkan penemuan sisa ikan yang ditemukan pada perutnya.

5. Hatzegopteryx
Hatzegopteryx adalah dinosaurus terbang yang berukuran sangat besar, namanya sendiri diambil dari bahasa persia yang memiliki arti “naga”. Sebenarnya, dinosaurus yang satu ini masih dalam satu spesies pterosaurus. 

Sayapnya dibentuk oleh jari-jarinya yang memanjang dengan ukuran kelingkin yang lebih panjang, menjadikan mereka hewan dengan sayap terpanjang yang pernah ada. Sebagian arkeolog memiliki pendapat, mereka menggunakan kedua lengan atau kaki depan mereka untuk melesat sebelum mengepakkan sayapnya.

Ratusan juta tahun yang lalu, diyakini dengan cukup kuat bahwa dinosaurus adalah hewan yang pernah hidup di bumi. Dinosaurus ini adalah hewan yang memiliki ukuran sangat besar, jauh daripada hewan-hewan yang ada di jaman sekarang.

Dinosaurus diperkirakan punah akibat suatu peristiwa, jatuhnya asteroid ke bumi yang menyebabkan kehancuran besar-besaran hingga memusnahkan semua spesies dinosaurus yang ada. Namun, dipercayai bahwa masih ada garis keturunan dinosaurus hingga saat ini yang masih hidup, salah satunya adalah komodo.

Dinosaurus ini layaknya hewan yang ada pada zaman sekarang, ada yang hidup di darat, ada yang di air, bahkan ada juga yang di udara. Selain itu, dinosaurus juga bisa dibedakan menurut makanannya.


Tulis Komentar