Legislator

Riau Turun Level PPKM, Dewan Minta Jangan Abaikan Prokes dan Genjot Vaksinasi

Ketua DPRD Riau Yulisman.

GILANGNEWS.COM - Meski Provinsi Riau sudah ditetapkan turun ke level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun jangan sampai hal itu menjad alasan untuk mengendorkan protokol kesehatan.

Hal ini diingatkan Ketua DPRD Riau Yulisman. Kepada wartawan, Rabu (22/9/2021). Yulisman meminta masyarakat dan Pemerintah tidak kendor dalam penerapan protokol kesehatar.

"Meskipun sudah mulai turun kasus penularannya dan level juga sudah turun ke level 2 PPKM, tapi kita harus tetap patuh dan tidak boleh kendor protokol kesehatan. Kita juga minta diigenjot juga pemberian vaksin kepada masyarakat, karena masyarakat juga saat ini tidak menolak lagi untuk divaksin malah masyarakat berebut untuk mendapatkan vaksin ini," kata Yulisman.

Meskipun perkiraan akan ada gelombang ketiga penyebaran kasus baru Covid-19 yang diprediksi akhir tahun nanti, kata Yulisman, jika vaksinasi optimal, tentunya bisa lebih baik dalam menghadapi perkiraan tersebut.

"Kita saling menjagalah dan bekerjasama baik itu pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama melindungi," kata Yulisman lagi.

Politisi Golkar ini juga berharap agar level 2 ini bisa diturunkan lagi menjadi level 1, sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas kembali normal dan semua sektor bisa kembali berjalan seperti sedia kala.

"Tugas kita bersama menurunkan dari level 2 menjadi level 1, kita harus bekerjasama menciptakan itu," tukasnya.

Diberitakan CAKAPLAH.com sebelumnya, tren penambahan kasus harian yang terus mengalami penurunan berdampak terhadap status level PPKM di Provinsi Riau. Jika sebelumnya Riau sempat menerapkan PPKM level 4, saat ini Riau sudah turun level ke posisi level 2.

"Iya, Riau sekarang sudah turun ke level 2 setelah sebelumnya selama lebih kurang tiga minggu kita menerapkan PPKM level 3," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Selasa (21/9/2021).

Lalu bagaimana caranya agar PPKM level 2 yang saat ini diterapkan di Riau bisa dipertahankan atau bahkan diturunkan, Mimi menjelaskan bahwa kuncinya ada kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Selalu pakai masker, rajin cuci tangan, tetap jaga jarak, jauhi kerumunan," ungkapnya.


Tulis Komentar